Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Tekno-Sains Facebook Hapus Fitur Trending Topic

Facebook Hapus Fitur Trending Topic

Sketsanews.com, California – Facebook dikabarkan pekan depan akan menghapus fitur Trending Topic pada platform-nya. Hal tersebut seperti yang dilaporkan oleh Merdeka, Senin (4/6). Apa alasannya?

Alex Hardiman, kepala divisi berita di Facebook menerangkan alasannya. Menurutnya, keputusan tersebut sudah dipertimbangkan matang-matang. Tidak lain merupakan langkah pihaknya menekan penyebaran berita palsu dalam platform media sosial terbesar ini.

“Kami paham semakin ke sini banyak orang menemukan produk yang ternyata tak lagi bermanfaat. Lagipula, cara orang mengonsumsi berita di Facebook juga telah berubah,” katanya.

Ia mengungkap pengguna media sosialnya ini kini lebih cerdas sehingga mereka memiliki kecenderungan skeptis terhadap berita-berita yang dianggap kurang kredibel. Apalagi, saat ini pengguna mereka lebih menyukai konten-konten yang berbentuk video.

Sebelumnya, Facebook mengklaim, fitur yang dirilis pada 2014 lalu menyumbang kurang dari 1,5 persen klik rata-rat ke penerbit berita. Dan untuk sekarang, Facebook tengah menguji opsi terbaik untuk bisa menampilkan berita dan memastikan sumber berita itu bisa dipercaya.

Facebook sendiri selama beberapa tahun terakhir sudah mengubah layanannya beberapa kali agar bisa menghindari isu ideologi dan politik.

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan antara trending topik yang dimiliki Facebook dan Twitter. Perbedaan itu ialah jika trending topic di Facebook adalah fitur yang mengumpulkan berita terpopuler dan bertujuan agar pengguna bisa melihat berita dari sumber yang terpercaya dan akurat. Sementara di Twitter itu adalah percakapan. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: