Freeport Ancam PHK, Menteri Luhut Utus Menaker

Tambang milik Freeport.

Tambang milik Freeport.

Sketsanews.com, Jakarta – PT Freeport Indonesia mengancam melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan dalam jumlah besar. Hal ini akan dilakukan bila tidak ada kesepakatan antara pemerintah dan Freeport mengenai status kontrak.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan, mengenai ancaman PHK ini sudah diserahkan kepada Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Bahkan Luhut bilang, Menteri Hanif akan menyambangi Papua untuk membicarakan ancaman PHK Freeport

“Kan sudah diberikan ke Menaker, dia kan mau ke sana besok atau lusa,” kata dia di Kementerian Keuangan, Jumat (24/2/2017).

Sebelumnya, Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu berpendapat, rencana PHK tersebut hanya sebatas ancaman. Sebab, kata dia, sejak dulu Freeport selalu mengancam merumahkan sejumlah karyawan.

Menurutnya, pemerintah sudah berusaha bersikap terbuka dan memberikan beberapa opsi untuk Freeport. Hanya saja, Freeport harus tetap mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Sementara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, perusahaan yang baik seharusnya menganggap karyawan sebagai aset. Bukan malah menjadikan PHK sebagai jalan keluar.

(Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: