Gagal Imbang Dolar AS, Rupiah Berpotensi Berbalik Melemah

Rupiah berpotensi melemah

Sketsanews.com, Jakarta – Perdagangan nikai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang gagal kembali mengimbangi penguatan USD dikhawatirkan dapat berbalik melemah.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, ditambah dengan kondisi makroekonomi dalam negeri yang terdapat rilis kurang baik sehingga berpeluang melemahkan Rupiah. Meski terdapat peluang melemah namun, diharapkan aksi jual dapat lebih terbatas agar Rupiah tidak melemah lebih dalam.

“Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.478-14.466. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujarnya di Jakarta, Senin (13/8).

Reza menjelaskan, pasca menguat, pelaku pasar kembali melakukan aksi lepas posisi pada Rupiah dan beralih pada USD yang sejak sebelumnya masih dalam tren kenaikan.

“Di sisi lain, melemahnya EUR seiring dengan imbas turunnya nilai mata uang Lira Turki turut berimbas pada melemahnya Rupiah,” tuturnya.

Diketahui, Turki memiliki banyak eksposure utang terhadap Eropa sehingga ketika ekonomi Turki di ambang krisis maka akan mempengaruhi ekonomi Zona Eropa. Atas kondisi tersebut, EUR pun cenderung melemah.

Dikutip dari JawaPos, “Selain itu, rilis melebarnya defisit neraca transaksi berjalan hingga 3 persen dari PDB turut menambah sentimen negatif. Di sisi lain, hingar bingar pencalonan presiden dan wakilnya tampaknya tidak banyak terpengaruh pada Rupiah,” tandasnya. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: