Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News Gedung Putih Mengganti Koordinator Keamanan Dunia Maya

Gedung Putih Mengganti Koordinator Keamanan Dunia Maya

Presiden AS Donald Trump

Sketsanews.com, Washington – Gedung Putih telah mengganti Koordinator Keamanan Dunia Maya setelah diangkat oleh Presiden Donald Trump, untuk pekerjaan itu yang diberangkatkan pekan lalu, kata seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional yang dikonfirmasi pada Selasa.

“Tindakan hari ini melanjutkan upaya untuk memberdayakan Direktur Senior Dewan Keamanan Nasional. Memperlancar manajemen akan meningkatkan efisiensi, mengurangi birokrasi dan meningkatkan akuntabilitas, ”kata juru bicara NSC Robert Palladino dalam sebuah pernyataan yang menjawab pertanyaan tentang penghapusan peran tersebut.

Dua direktur senior kebijakan cyber NSC duduk di dekat satu sama lain sehingga akan dapat mengoordinasikan masalah secara real time, kata Palladino.

Politico pertama kali melaporkan sebelumnya pada hari Selasa bahwa posisi tersebut telah dihapus, mengutip email dari seorang asisten penasihat keamanan nasional John Bolton yang dikirim ke karyawan NSC, dan diberikan kepada surat kabar oleh mantan pejabat AS.

Rob Joyce, koordinator pertama Trump, meninggalkan Gedung Putih pada hari Jumat dan berencana untuk kembali ke National Security Agency tempat dia pernah bekerja sebelumnya. Keberangkatannya yang diharapkan diumumkan pada bulan April.

Posisi ini dibentuk selama pemerintahan Presiden Barack Obama dan bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan pemerintah tentang keamanan dunia maya dan peperangan digital.

Pakar kebijakan cyber, legislator dan mantan pejabat telah mendesak Trump untuk menggantikan Joyce dan tidak menghapuskan posisi itu.

Dikutip dari Reuters, “Saya tidak melihat bagaimana menyingkirkan pejabat maya top di Gedung Putih melakukan apa pun untuk membuat negara kita lebih aman dari ancaman siber,” kata Mark Warner, Demokrat teratas di komite Intelijen Senat, mengatakan dalam sebuah posting Twitter pada hari Selasa.

Politico melaporkan pekan lalu bahwa Bolton berusaha untuk menghilangkan peran kebijakan cyber atas.

Keberangkatan Joyce mengikuti atasannya, Tom Bossert, yang mengawasi pekerjaannya tentang keamanan cyber dan dikeluarkan dari pemerintahan bulan lalu.

Gedung Putih telah melihat rombongan keberangkatan sejak Bolton memulai peran barunya pada bulan April. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: