Gema Cita Ajak Masyarakat Sukseskan Pendataan Keluarga Terpadu Carik Jakarta

Sketsanews.com – Sekjen Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita) Hilman Firmansyah mengajak masyarakat Jakarta untuk berpartisipasi menyukseskan pendataan keluarga terpadu lewat program “Carik Jakarta”.

Hal ini dilakukan agar masyarakat memperoleh informasi dan mengetahui secara langsung kondisi sosial masyarakat Jakarta.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan PKK untuk bisa melaporkan kondisi terkini seluruh keluarga di seantero Jakarta lewat aplikasi Carik Jakarta.

“Harapannya Pemprov DKI Jakarta nanti akan punya potret sesungguhnya sesuai dengan kenyataan tentang kondisi masyarakat,” kata Hilman lewat keterangan tertulisnya, Minggu (10/11).

Hilman menambahkan, carik merupakan serapan dari kata juru tulis atau pencari data di desa. Maka, ibu-ibu penggerak PKK diharapkan memanfaatkan aplikasi ini menjadi pusat data unit keluarga dan rumah di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Harapan adanya kolaborasi ini, yaitu pemprov DKI Jakarta dapat menghasilkan kebijakan program kerja yang tepat sasaran dan tepat guna bagi masyarakat.

“Karena yang mencari data adalah kader PKK setempat, maka dia tahu persis kondisi tiap keluarga di daerah itu. Dengan ditambah aplikasi tadi, maka proses data entrinya jadi lebih rapi lebih baik.,” imbuhnya.

“Yang didata terkait dengan kesejahteraan keluarga dari mulai fasilitas di rumah apakah ada MCK atau tidak, sampai apakah ada tanaman obat atau tidak, kemudian berapa anak yang sekolah, kondisi kesehatan anaknya, kondisi sanitasi lingkungannya, jadi nanti akan punya potret lengkap kesejahteraan setiap keluarga di Jakarta,” paparnya.

Lebih lanjut Hilman menuturkan, kolaborasi ini akan menghasilkan program kesehatan, sosial, pendidikan yang menjangkau rumah tangga lewat data satu pintu dan terintegrasi. Karena kalau tidak, lanjut Hilman, nanti berbagai macam dinas bisa berjalan sendiri-sendiri menjangkau keluarga yang berbeda-beda.

“Dengan diintegrasikan lewat PKK, maka kita bisa memastikan bahwa program sampai kepada keluarga,” tutupnya. []

▶ Sumber : Rmol ◀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: