Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Gempa 5,9 SR Terjadi di Dekat Pembangkit Nuklir Iran

Gempa 5,9 SR Terjadi di Dekat Pembangkit Nuklir Iran

Gempa 5,9 SR guncang Iran

Sketsanews.com, Teheran – Gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Bushehr, Iran selatan hari ini. Gempa itu terjadi di dekat lokasi beradanya pembangkit listrik tenaga nuklir satu-satunya di Iran.

Media Iran melaporkan, tak ada korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

“Gempa tak berdampak pada aktivitas pembangkit,” ujar Mahmoud Jafari, manajer proyek di pembangkit nuklir Bushehr buatan Rusia, seperti dilansir dari detik,  Kamis (19/4/2018).

Pusat seismologi Unversitas Teheran menyatakan, pusat gempa berada di wilayah Kaki yang jarang penduduknya, yakni sekitar 80 kilometer dari pembangkit nuklir Bushehr.

Kepala badan darurat menyatakan tak ada korban jiwa maupun luka akibat gempa tersebut.

Bushehr yang memiliki reaktor 1.000 megawatt yang dibangun oleh Rusia, telah mulai beroperasi sejak tahun 2011. Pada tahun 2012, pembangkit nuklir satu-satunya yang dimiliki Iran tersebut telah beroperasi dengan kapasitas penuh.

Wilayah Iran berada di atas beberapa garis patahan dan telah diguncang serangkaian gempa sejak November 2017, ketika gempa berkekuatan 7,3 SR menewaskan 620 orang di provinsi Kermanshah, Iran barat. Gempa tersebut juga menewaskan delapan orang di Irak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: