Gempa Tektonik Berkekuatan 4,2 Magnitudo Guncang Kabupaten Luwu Utara

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Sketsanews.com, Makassar – Gempa tektonik berkekuatan 4,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu.

Pelaksana tugas Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman melalui siaran persnya menyampaikan, hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan magnitudo 4,2 terjadi pada pukul 08.49 WITA dan tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, ia menyatakan, tampak bahwa gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan Matano yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Seperti yang dilansir dari Antara, berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Rampi III MMI, Masamba II MMI.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Joharman juga menyarankan warga memastikan informasi bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG), website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” ujarnya. (Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: