Gunung Bromo Menyemburkan Asap Tebal

Foto: Istimewa / Gunung Bromo

Foto: Istimewa / Gunung Bromo.

Sketsanews.com, Probolinggo – Aktifitas Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur mengalami peningkatan. Meski gempa tremor masih dibawah 1 mili, disertai asap, menyembur dengan ketinggian 600 meter dari bibir kawah. Sampai saat ini, status gunung bromo waspada level 2 jarak aman 1 kilometer.

Secara visual Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur tertutup kabut disertai hujan. Asap putih kecoklatan selama 2 hari ini terus menyembur dari kawah.

Ketinggian asap antara 50 sampai 600 meter dari bibir kawah dengan arah angin menuju selatan atau ke arah Kabupaten Malang. Dari sekitar kawah tercium bau belerang.

Sementara itu, gempa tremor menerus yang terekam seismograp pos pantau gunung bromo di kisaran 0,5 sampai 1 mili meter. Peningkatan akfitas ini terjadi 2 hari terakhir, dimana asap putih kecoklatan terus terjadi.

Menurut Wahyu Andrian Kusuma, petugas pos pantau gunung bromo, asap yang bercampur abu vulkanik ini terjadi hanya di kisaran kawah saja. “Hanya saja, kita sudah berkoordinasi ke Bandara Abdurahmad Saleh Malang untuk tidak melintasi sekitar bromo,” jelas Wahyu Andrian Kusuma, yang seperti di kutip dari Pojokpitu.com.

Sampai sejauh ini status Gunung Bromo masih waspada level 2, rekomendasi jarak aman 1 kilometer dari bibir bawah. Dengan meningkatnya akfitas, dihimbau kepada warga dan pengunjung untuk tidak mendekat ke kawah bromo. (Air)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: