Hanya Tiongkok yang Menang, Lima Negara Asia Lainnya Kompak Dihabisi

Sketsanews.com,  Laga pembuka Piala Dunia FIBA 2019 menjadi mimpi buruk bagi negara-negara Asia. Dari enam wakil yang tampil, lima tim keok. Hanya tuan rumah Tiongkok yang memungkasi pertandingan dengan kemenangan.

Dari laga grup A, Tiongkok membekap Pantai Gading dengan skor 70-55 di Wukesong Arena, Beijing. Sempat tertinggal 16-14 pada akhir kuarter pertama, Tiongkok menggila setelah turun minum.

Empat dari lima starter Tiongkok sukses mencetak double-digit angka. Poin tertinggi disumbangkan center utama sekaligus kapten tim Yi Jianlian. Mantan pemain di empat tim NBA yakni Dallas Mavericks, Milwaukee Bucks, Washington Wizards, New Jersey Nets (sekarang Brooklyn Nets) tersebut, tampil solid dengan mencetak 19 poin dan 8 rebound.

Point guard cepat Guo Ailun menambahkan 17 poin dan 9 assist untuk kemenangan timnya. Sedangkan mantan center Houston Rockets yang sekarang bermain untuk Xinjiang Flying Tigers, Zhou Qi mendulang 12 angka.

Di sisi lain, lima negara Asia lain yakni Iran, Jepang, Yordania, Filipina, dan Korea Selatan gagal mengikuti langkah Tiongkok.

Filipina adalah negara yang paling menderita. Gilas Pilipinas dibantai 46 poin dengan skor 62-108 oleh Italia pada laga pembuka Grup D di Foshan International Sports and Cultural Center.

Kekalahan itu sangat menyesakkan. Sebab, dalam konferensi pers sebelum pertandingan, pelatih Filipina Yeng Guiao sangat yakin timnya bakal menyulitkan Italia. Dia bertekad, raja basket paling dominan di Asia Tenggara tersebut akan memberikan perlawanan sampai akhir.

Namun, ternyata, harapan itu sangat jauh panggang dari api. Pada akhir kuarter pertama saja, Filipina tertinggal dengan margin kelewat besar, 8-37. Dan setelah itu, Italia yang lebih banyak menurunkan pemain cadangan, tidak kesulitan untuk meraih kemenangan sangat meyakinkan.

Yeng Guiao sangat kecewa dengan kekalahan telak ini. ”Guard mereka bisa menjaga pemain besar kami. Pemain besar mereka, bisa menjaga guard kami,’’ keluh Guiao kepada Rappler.

”Kekalahan ini membuat kami sangat terpukul. Level Italia ternyata sangat tinggi. Bayangkan, guard mereka besar. Dan big man mereka sangat cepat. Dua hal yang sayangnya tidak kami miliki,’’ imbuhnya sebagaimana dilansir Manila Bulletin.

Forward Fenerbahce yang juga mantan pemain Detroit Pistons dan Boston Celtics Luigi Datome menjadi pencetak angka terbanyak bagi Italia dengan 17 angka. Padahal, Datome hanya bermain selama 16 menit.

Point guard Olimpia Milano, Amedeo Della Valle, bangkit dari bangku cadangan untuk mendulang 17 angka.

Bintang baru Oklahoma City Thunder Danilo Gallinari menyumbangkan 16 poin untuk menyempurnakan kemenangan timnya. ”Rasanya menyenangkan memulai kompetisi dengan start seperti ini. Apalagi kami bermain sangat intens dalam offense dan defense. Penting sekali untuk terus menjaga keunggulan besar di awal pertandingan. Kami melakukan tugas dengan sangat baik!’’ ucap Gallinari dilansir dari situs resmi FIBA.

Dengan pembantaian ini, misi Filipina untuk lolos ke perempat final akan semakin mustahil. Sebab, pada laga kedua, Andray Blatche dkk akan berhadapan dengan salah satu tim paling tangguh di dunia, Serbia. Diperkuat salah seorang center terbaik di dunia saat ini Nikola Jokic, Serbia membantai Angola di game pertama dengan skor mencolok 105-59.

’’Melawan Serbia, kami tidak boleh gentar. Kami harus bermain dengan hati,’’ ucap Yeng Guiao. Kata-kata pria 60 tahun itu tentu saja bermaksud untuk menjaga mental para pemainnya. Sebab, siapapun tahu, hanya keajaiban besar yang membuat Filipina selamat dari terkaman tim sekelas Serbia.

Sementara itu, dari semua negara Asia yang kandas, Iran menjadi tim dengan kekalahan paling dramatis. Hamed Haddadi dkk menyerah dengan skor sangat tipis 81-83 dari Puerto Rico pada game pertama Grup C.

Padahal, saat kuarter empat sudah menyisakan empat menit, Iran masih memimpin 11 poin. Namun, pull up jump shot dua angka guard Puerto Rico Javier Mojica saat pertandingan kurang 0,4 detik membuyarkan harapan Iran untuk meraih nilai sempurna.

Hasil Tim-Tim Asia di Laga Perdana Piala Dunia FIBA 2019Grup A Tiongkok vs Pantai Gading 70-55

Grup B
Korea Selatan vs Argentina 69-95

Grup C
Iran vs Puerto Rico 81–83

Grup D
Filipina vs Italia 62–108

Grup E
Jepang vs Turki 67-86

Grup G
Yordania vs Rep Dominika 76-80

Sketsanews.com ❱ Original Source : JawaPos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: