Hasil SNMPTN 2019 Diumumkan, 92.331 Peserta Lolos Seleksi

Konferensi pers pengumuman hasil SNMPTN 2019 (Istimewa)

Konferensi pers pengumuman hasil SNMPTN 2019 (Istimewa)

Sketsanews.com, Jakarta – Sebanyak 92.331 siswa lulus seleksi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019. Dari jumlah tersebut, 26.217 merupakan siswa dari peserta beasiswa Bidikmisi.

Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

“Dari 478.608 pendaftar SNMPTN di tahun 2019 yang diterima 92.331 siswa pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia , dengan persentase 19,29 persen,” katanya.

Menristekdikti menjelaskan, pada SNMPTN 2019 ini pemerintah memberikan bantuan afirmasi pendidikan kepada anak-anak TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri. Afirmasi pendidikan ini bertujuan memberikan akses pendidikan tinggi yang merata bagi seluruh warga negara indonesia, baik di luar atau di dalam negeri.

“Ada 31 dari 80 siswa yang merupakan anak-anak TKI dari berbagai negara yang diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia melalui jalur SNMPTN,” ujarnya.

Mohamad Nasir meminta agar siswa yang lulus SNMPTN untuk segera mendaftar ulang di perguruan tinggi tujuan. Ia juga mengingatkan siswa yang telah diterima tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

Sementara itu, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan, pengumuman hasil SNMPTN 2019 dapat diakses pada pukul 13.00 WIB melalui laman //pengumuman.snmptn.ac.id/ dengan cara memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN. Pengumuman hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada 12 laman PTN mirror, yaitu :

1.   //snmptn.ui.ac.id
2.   //snmptn.undip.ac.id
3.   //snmptn.ugm.ac.id
4.   //snmptn.unair.ac.id
5.   //snmptn.unsri.ac.id
6.   //snmptn.untan.ac.id
7.   //snmptn.itb.ac.id
8.   //snmptn.its.ac.id
9.   //snmptn.ipb.ac.id
10. //snmptn.unand.ac.id
11. //snmptn.unhas.ac.id
12. //snmptn.unsyiah.ac.id

Ravik Karsidi menuturkan, dari pengalaman sebelumnya, banyak siswa yang lolos seleksi SNMPTN mendaftar dan mengikuti seleksi SBMPTN. Akhirnya, kami kunci, yang sudah diterima di SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN.

“Kemenristekdikti dan LTMPT memberlakukan sistem kunci bagi calon mahasiswa yang telah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN agar tak mendaftar di SBMPTN,” pungkasnya. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: