Sketsa News
Home Berita, Headlines, Politik Cak Nun Dilaporkan ke Polisi karena Dituduh Rasis

Cak Nun Dilaporkan ke Polisi karena Dituduh Rasis

Emha Ainun Nadjib

Sketsanews.com, Jakarta – Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) akan dilaporkan ke polisi karena ceramahnya dituding rasis dan diskriminatif terhadap etnis Tionghoa.

Ketua Forum Kebhinnekaan dan Toleransi Iswantoro mengatakan bahwa video Cak Nun di Youtube dan sangat rasis dan diskriminatif. Oleh karena itu kami segera laporkan Cak Nun ke polisi. Kamis (29/3).

Menurut Iswantoro, seperti dikutip Suaranasional,  Cak Nun harusnya lebih bijak dalam melihat bangsa China dan hubungannya dengan Indonesia. “Hubungan China dan Indonesia saling setara dan tidak ada upaya mempersilahkan China memperbudak bangsa Indonesia,” ungkap Iswantoro.

Iswantoro mengatakan, Cak Nun juga tidak mendukung etnis Tionghoa di Yogyakarta memiliki hak tanah. “Padahal Instruksi 1975 yang isinya warga Tionghoa tidak boleh memiliki tanah sangat bertentangan dengan HAM,” jelas Iswantoro.

Iswantoro juga mengatakan, Cak Nun tidak kritis ketika ada pembangunan bandara di Kulonprogo. “Kalau budayawan hanya berpihak ke penguasa terutama di wilayah Yogyakarta, itu artinya sudah tidak bisa jadi panutan,” papar Iswantoro.

(bin)

%d blogger menyukai ini: