Sketsa News
Home Citizen-Jurnalism, Foto High Level Consultation of World Muslim Scholars on Wasatiyyat Islam

High Level Consultation of World Muslim Scholars on Wasatiyyat Islam

Sketsanews.com, Bogor – Para ulama dan para cendekiawan dunia berkumpul pagi ini di Istana Presiden Bogor untuk mengikuti Pembukaan acara Konsultasi Tingkat Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia (اللقاء التشاوري العالي للعلماء والمثقفين المسلمين في العالم عن وسطية الإسلام) yang berlangsung pada tgl. 1-3 Mei 2018.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan tingkat tinggi ini dimaksudkan untuk merevitalisasi makna Islam Wasathi sebagai karakter dan ciri Islam yang paling mendasar yaitu menbentuk umat yang moderat. Diharapkan Islam kembali kepada makna awal yang original sebagai agama yang membawa perdamaian dan rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil’alamin).

Ada hal yang paling mendasar dari uraian Grand Syaikh al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ath-Thayyib dalam pidatonya: Bahwa wasathiyyah Islam adalah ciri Islam yang harus digemakan untuk menjadi arus utama muslim dunia. Pemaknaan Islam Wasathi harus dimaksudkan kepada seluruh aspeknya, termasuk dalam kontek politik agar tak salah mengartikan Islam.

Ciri mendasar Islam Wasathi ialah tak pernah mengkafirkan kepada ahlul qiblah (orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat) kecuali ia mengakui dirinya murtad dari Islam. Selama ia meyakini bertuhan hanya kepad Allah SWT dan Muhammad adalah Rasulullah maka tak boleh dikafirkan hanya karena perbedaan tafsir dalam memahami Islam.

Islam Wasathi yang menjadi pemahaman Ahlus Sunnah wal Jema’ah adalah mengikuti imam Abul hasan al-Asy’ari. Dimana cara memahami tauhid dan aqidahnya adalah jalan tengah: tidak berlebihan dalam beragama dan juga tidak mengurangi apa yg telah diajarkan Islam.

Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan cendekiawan tentang wasathiyyat Islam akan terus dibahas dan didiskusikan sampai tanggal 3 Mei 2018 dengan penutupan di Istana Wapres. Kita tunggu pembahasan dari para ulama lainnya. mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan ilmu untuk kebaikan masyarakat dunia

M. Cholil Nafis, Ph D

 

 

(in)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: