Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Peristiwa Ikuti Bos, Hapalkan Password, Karyawan Alfamart Bobol Brankas

Ikuti Bos, Hapalkan Password, Karyawan Alfamart Bobol Brankas

ILUSTRASI. Sebuah gerai ritel modern, Alfamart di Jalan Trans Kalimantan brankasnya dibobol oleh karyawannya sendiri. Kerugian ditaksir mencapai sebesar Rp 24,4 juta. (Dida Tenola/JawaPos.com)

Sketsanews.com, Kalimantan – Brankas uang ritel modern Alfamart di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dibobol karyawannya sendiri. Dalam pengakuan pelapor, uang yang berhasil dilarikan pelaku, berjumlah Rp 24,4 juta. Beruntung pihak kepolisian cepat mengungkap kasus ini.

Karyawan Alfamart atas nama Muri Faradila, 21, beserta temannya, Abi Rizki Desmanto, 20, ditangkap Unit Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak, Sabtu (18/8) pukul 02.00 Wib.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Muhammad Husni Ramli menerangkan, hasil pemeriksaan sementara, pencurian itu terjadi pada 14 Agustus 2018, sekira pukul 00.57 Wib.

“Setelah korban melapor, kita lakukan serangkaian penyelidikan. Periksa saksi dan CCTV. Akhirnya, pelaku mengarah kepada Muri, tak lain karyawan Alfamart. Dia langsung ditangkap di rumahnya,” tutur Husni, dikutip dari RakyatKalbar (Jawa Pos Group), Minggu (19/8).

Muri, disebutnya, merupakan warga asal Sintang. Di Pontianak, dia tinggal di kawasan Jalan Budi Utomo, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara. Abi juga tinggal di kawasan yang sama.

“Jadi, modus pelaku utama ini (Muri) awalnya ikut pimpinannya memasukan uang ke brankas di lantai dua Alfamart Sungai Ambawang. Kemudian dia menghapal password-nya,” jelas Husni.

Setelah itu, lanjut Husni menerangkan hasil pemeriksaan, bahwa Muri langsung pulang ke rumahnya. Lalu timbul niat untuk membobol brankas itu.

“Pelaku datangi lagi tempat kerjanya. Dia mengambil uang dalam brankas itu,” ujar Husni, seperti dikutip dari Jawapos.

Kepada petugas, Muri hanya mengambil uang itu sebanyak Rp 17 juta. Sebesar Rp 2 juta diberikan kepada Abi. Selebihnya untuk membeli baju, sabu, menginap di hotel.

“Untuk jumlah uang yang sebenarnya diambil, masih kami dalami. Karena pengakuan korban dan pelaku berbeda. Abi yang menikmati uang itu juga ditangkap,” terang dia.

Saat ini kedua pelaku dan barang bukti masih diamankan di Polresta Pontianak untuk proses lebih lanjut. “Keduanya dijerat Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP,” pungkasnya.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: