Indonesia Mempromosikan Pendidikan UHAMKA di Thailand

Foto istimewa

Foto istimewa

Sketsanews.com, Yala – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) ikut berpartisipasi dalam acara Hari Melayu Yala ke-6 yang diselenggarakan di Taman Gajah Putih Yala, Thailand pada tanggal 8-10 Februari 2019. Dalam acara tersebut , Uhamka mempromosikan pendidikan Indonesia dan mempererat kerjasama dengan pemerintah serta perguruan tinggi di Malaysia dan Thailand Selatan.

Seperti yang dikutip dari Republika, Festival yang diselenggarakan ini dapat menjadi tempat berkumpulnya para seniman Melayu dari Thailand, Indonesia, Malaysia dan Brunai Darusalam. Festival ini juga dapat digunakan sebagai ajang promosi pendidikan dan budaya Indonesia, sehingga budaya Melayu Indonesia dapat dikenal di tengah-tengah komunitas Internasional.

“Dalam acara ini, Pemerintah Kota Yala berkerja sama dengan KJRI Di Songkhla menyediakan stan pameran untuk setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) untuk mendukung kampusnya masing-masing, termasuk Uhamka,” ujar Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Uhamka, Purnama Syaepurohman, Senin (11/2).

Selain itu, festival ini juga memberikan kesempatan bagi para pelajar perguruan tinggi Muhammadiyah untuk memperoleh prestasi dalam hal seni Melayu. Karena itu, kirimkan dua orang pesertawanya dalam kegiatan festival tersebut yaitu Fendriano Mafrandana dan Bymie Islamiati.

Fedriano tampil dengan membawakan lagu berjudul ‘Sudahlah’, Zapin Melayu dan Tarian nandhak Betawi. Sementara Islamiati menyanyikan lagu Ijuk dan Laksmana Raja di Laut. Kedua mahasiswa tersebut didampingi langsung oleh Purnama Syaepurohman dan Ketua Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (P3KA) Uhamka, Gilang Kumari Putra.

Dalam kegiatan Melayu Hari ke-6 Yala 2019 ini, Gilang Kumari berharap Uhamka dapat lebih meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dengan Thailand dan negara serumpun lainnya. “Perlu lebih banyak pelajar Internasional untuk bisa mendapatkan pendidikan di Uhamka dan mengembirakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah,” kata Gilang.

Sebagai informasi, Hari Melayu Yala ke-6 merupakan festival tahunan sejak tahun 2014 yang diselegosiasi oleh Pemerintah Kota Yala, Thailand. Hari Melayu kali ini dibuka oleh Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam untuk mempromosikan budaya Melayu untuk masing-masing negara. Hari Melayu Yala diadakan pada tanggal 8 – 10 Februari 2019 di Taman Gajah Putih Yala, Thailand. (Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: