Ini Cara Lacak Smartphone Android yang Hilang

Ilustrasi smartphone. Foto: Shutterstock

Ilustrasi smartphone. Foto: Shutterstock

Sketsanews.com, Jakarta – Jika kamu ingin melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan akun Google milikmu, ada cara mudah untuk melakukannya. Aplikasi Find My Device dari Google bisa melacak keberadaan ponsel Android milikmu, juga menyalakan suara, menguncinya, atau menghapus data di dalamnya jika kamu mau.

Tapi, mungkin sebagian dari kamu masih bingung bagaimana cara memanfaatkan aplikasi tersebut. Perlu dicatat, aplikasi ini hanya bisa dipakai jika ponsel kamu menyala dan terhubung dengan internet. Jadi, tidak akan bekerja untuk melacak keberadaan ponsel yang dalam kondisi mati.

Nah, untuk caranya, yang pertama adalah kamu bisa mengunduh aplikasi Google Find My Device atau pergi ke situs Find My Device (//www.google.com/android/find). Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah login ke dalam akun Google milikmu yang juga digunakan dalam smartphone yang ingin dilacak.

Aplikasi Google Find My Device. Foto: Google

Setelah itu, kamu akan melihat daftar perangkat yang terdaftar menggunakan akun Google milikmu.

Di aplikasi, kamu akan melihat peta yang menunjukkan lokasi dari ponselmu saat ini, termasuk berapa sisa daya baterainya. Ada opsi menyalakan suara dan mengunci ponsel yang bisa kamu pilih untuk mengamankan ponselmu itu.

Tampilannya di versi web juga tidak jauh berbeda. Apabila smartphone milikmu itu tidak terlacak, coba klik refresh untuk mengulang pencarian.

Situs web Find My Device. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan

Apa yang dilakukan setelah lokasi ponsel sudah diketahui?

Opsi menyalakan suara akan sangat berguna apabila kamu kesulitan menemukan ponselmu walau lokasinya sudah ketahuan di peta. Apabila kamu memilih opsi itu, maka ponselmu akan mengeluarkan suara selama 5 menit. Tentu hal ini akan memudahkanmu menemukan ponsel yang hilang.

Sementara itu untuk opsi ‘Secure Device’ sangat berguna untuk mengamankan ponsel. Saat kamu memilih opsi ini, maka ponselmu akan secara otomatis terkunci dan keluar dari akun Google. Kamu juga bisa meninggalkan pesan kepada seseorang yang menemukan atau mencuri ponselmu.

Apabila kamu merasa putus asa karena smartphone-mu tak kunjung ditemukan, kamu bisa memilih opsi paling bawah untuk menghapus semua data dari ponselmu. Tapi kamu harus benar-benar yakin sebelum melakukan ini, karena semua data yang dihapus tidak akan bisa kembali lagi. (Ad)

Sumber: Kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: