Ini Cara Tepat Mengetahui Apakah Kamu Obesitas atau Tidak

Ilustrasi obesitas. (google)

Ilustrasi obesitas. (google)

Sketsanews.com, Jakarta – Untuk mengetahui berat badan ideal yang dimiliki seseorang, cara terbaik menentukannya adalah dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Lantas, bagaimana cara menghitung IMT ini?

Dokter spesialis kedokteran olahraga Sophia Hage mengatakan, Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) adalah salah satu parameter berat badan ideal yang paling mudah diawasi. Untuk orang Asia Pasifik, Sophia mengatakan IMT idealnya berada di angka 18,5 hingga 22,9.

“Cara menghitungnya adalah berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter yang sudah dikuadratkan terlebih dahulu,” ujar Sophia pada Health Liputan6.com.

Bila dirumuskan akan menjadi IMT= kilogram : m2

Sophia mengatakan, apabila IMT sudah mendekat batas atas normal, maka tidak ada salahnya mulai menyadari apa yang kita makan serta menambah aktivitas fisik.

“Yang dikatakan berat badan berlebihan adalah bila IMT berada di angka 23 sampai 24,9. Sementara yang dikatakan obesitas adalah apabila IMT 25 atau di atas angka 25,” imbuhnya.

Dalam menurunkan berat badan tidak dianjurkan dalam durasi yang singkat dan waktu yang cepat. Tubuh manusia juga butuh beradaptasi.

“Kebanyakan penelitian menganjurkan penurunan berat badan yang sehat sebaiknya dijaga dalam rentang 1 sampai 2 kilogram per minggu atau 4 sampai 8 kilogram per bulan,” ujar Sophia menyarankan.

Walau begitu, setiap orang tentu memiliki caranya sendiri-sendiri dalam menurunkan berat badan.

“Durasi waktu untuk menurunkan berat badan masing-masing orang berbeda. Tubuh manusia juga tidak dapat disamaratakan seperti mesin, ” tambahnya. (Ad)

Sumber : Liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: