Ini Dia Penampakan Moge Bermesin Mobil

Motor custom bermesin mobil

Motor custom bermesin mobil

Motor custom bermesin mobil
Motor custom bermesin mobil

Sketsanews.com – Modifikasi tidak mengenal batasan untuk mengekspresikan diri, terlebih custom yang identik dengan rombakan ekstrem. Bahkan, motor custom ada yang menggunakan mesin mobil, yakni garapan bengkel Bokor Custom di Bogor, Jawa Barat.

Motor custom bergaya Cafe Racer tersebut dibenamkan mesin Toyota. Ini bukan pertama kali motor bermesin mobil, karena sebelumnya builder ternama, Lulut Wahyudi juga meracik motor custom dengan mesin Volkswagen Beetle.

Builder Bokor Custom, Bonyok mengatakan, mesinnya menggunakan milik Toyota Kijang lansiran 1978 berkapasitas 1.300cc. Inspirasi membuat motor bermesin mobil, karena ingin memiliki motor besar tapi belum tercapai.

“Awalnya ingin punya moge, minim dana. Dapatnya kayak begini (motor pakai mesin mobil),” ujarnya dalam video yang ia unggah ke Youtube.

Bonyok menjelaskan, yang harus diperhatikan pada motor bermesin mobil adalah struktur sasis. Bahan rangka harus kuat, karena bobot mesin cukup berat. Menurutnya, yang rumit adalah membuat motor stabil dan pengoperasian transmisinya.

“Transmisi tetap mengandalkan gardan, jadi semi matik. Kopling dilepas bisa jalan, tapi enggak ada persneling gigi kayak matik. Karburator masih asli Kijang. Enggak pakai radiator, jadi masih pakai kipas tambahan,” tuturnya.

Pada sektor kaki-kaki, sistem pengereman depan menggunakan cakram ganda dan suspensi up-side down milik Yamaha Byson.

“Rangka menempel di mesin. Soalnya, ini mesin berat. Kalau ada masalah, rangka yang diangkat, bukan mesin turun,” jelasnya.

Menurutnya, komponen yang paling lama pembuatannya adalah tromol belakang, sampai empat bulan. Total waktu yang dibutuhkan untuk membangun motor tersebut adalah satu tahun. (wal)

sumber: viva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: