Ini Lama Waktu Maksimal Menyimpan Makanan di Kulkas

llustrasi (ISTIMEWA)

llustrasi (ISTIMEWA)

Sketsanews.com, Jakarta – Berbagai cara dilakukan untuk menjaga  agar makanan lebih awet dan tahan lama. Salah satunya dengan menyimpan makanan di kulkas masih sering menjadi pilihan.  Namun, meski disimpan di dalam kulkas, bukan berarti makanan tidak akan kehilangan kualitasnya. Setiap makanan memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Hal ini juga bergantung pada seberapa cepat bakteri menurunkan kualitas makanan tersebut dan bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Bakteri hanya akan mati jika terpapar suhu panas namun tidak mati saat berada di suhu dingin seperti di kulkas. Hanya saja, mengingat suhu udara di dalam kulkas tidak begitu dingin, bakteri tetap saja bisa berkembang dan membuat makanan bisa menjadi basi.

Lalu, berapa lama waktu maksimal menyimpan makanan di kulkas? Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebut setiap makanan memiliki daya tahan yang berbeda-beda jika disimpan di dalam kulkas. Hanya saja, makanan yang telah dimasak biasanya mampu bertahan hingga tiga atau empat hari di dalam lemari es. Pastikan pula bahwa makanan ini disimpan dengan baik agar tidak mudah terpapar bakteri.

Beberapa jenis makanan seperti telur biasanya mampu bertahan hingga 3 atau 5 minggu, daging-dagingan mentah biasanya hanya akan mampu bertahan sekitar 1 hingga 2 hari, daging matang bisa bertahan sekitar 2 hingga 4 hari, buah-buahan bisa bertahan hingga 3-5 hari, sup atau makanan dengan kuah bisa bertahan hingga 2 hari, dan kue bisa bertahan sekitar 2 hingga 3 hari.

Nah, mulai sekarang jangan asal menyimpan makanan di dalam kulkas. Perhatikan berapa lama makanan tersebut mampu bertahan di dalam kulkas. Hal ini bertujuan agar makanan yang Anda konsumsi tidak berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: