Ini Pilihan Abu Bakar Ba’asyir dalam Pemilu Besok

Abu Bakar Ba'asyir

Abu Bakar Ba’asyir

Sketsanews.com, Bogor – Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’syir masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Meski demikian, Abu Bakar Ba’syir dipastikan tidak akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 besok.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Divisi Lapas Kanwil Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris.

Menurutnya, sikap politik Abu Bakar Baasyir itu disampaikan kepada penjabat di Lapas Gunung Sindur tempat dirinya menjalani masa hukuman.

“Yang bersangkutan tidak akan menggunakan hak pilihnya,” ujar Kepala Divisi Lapas Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Abdul Aris di Kantor Kanwil Kemenkumham Jabar, Selasa (16/4/2019).

Aris mengatakan menggunakan atau tidak menggunakan hak suara adalah hak ABB. Pihaknya selaku penyelenggara negara di urusan pemasyarakatan, berusaha memfasilitasi hak suara dari warga binaan.

“Nanti katanya ‎mau ada surat pernyataannya dari yang bersangkutan. Ya monggo saja, karena mungkin calon yang akan dipilihnya tidak ada,”‎ ujar Aris.

Abu Bakar Basyir dipidana penjara selama 15 tahun pada 2011 karena turut mendanai kegiatan untuk pelatihan terorisme di Nangroe Aceh Darussalam.

Kabarnya, selain ABB, sejumlah tahanan kasus terorisme di Lapas Gunung Sindur juga tidak akan menggunakan hak pilih memilih presiden dan wakilnya, anggota DPR RI, DPRD kota, kabupaten dan provinsi serta anggota DPD RI.

“Ada yang enggak mau gunakan hak pilihnya. Tapi sedari awal kami data, kami serahkan ke KPU. Lalu kalau nanti enggak mau memilih ya terserah,” ujar Aris dikutip dati Pojoksatu.

Sekadar diketahui, warga binaan Lapas Gunung Sindur mencapai 1074, namun hanya 563 yang masuk DPT. (Hw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: