Ini Tanggapan MUI Soal Rekaman Video Ritual Dukun Amankan Pelantikan Presiden

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi .(dok)
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi .(dok)

Sketsanews.com – JAKARTA  – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai ada unsur yang menjurus kepada klenik, khurafat perbuatan yang mendatangkan jin, untuk pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR. Dalam video seorang dukun mengaku mengadakan ritual untuk pengamanan pelantikan tersebut.

“MUI sendiri tidak merekomendasikan praktik ritual seperti itu karena menjurus pada perbuatan klenik, khurafat dan dekat dengan syirik yang dilarang oleh agama,” ucap Zainut dalam rilisnya di Jakarta Sabtu (19/10).

Zainut menyampaikan itu terkait beredarnya sebuah video yang menunjukkan seorang pria mengaku bernama Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V DPR RI viral di media sosial.

Dalam video tersebut Ki Sabdo mengaku tengah melakukan geladi bersih untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang, dengan memanggil bangsa jin.

Zainut menjelaskan MUI mengajak kepada semua pihak untuk tidak menjadikan hal tersebut sebagai polemik yang menguras energi, karena hal tersebut belum tentu menjadi agenda yang dibuat oleh Kesekjenen MPR.

‘Boleh jadi hanya inisiatif orang perorang yang tidak ada kaitannya dengan rencana agenda kegiatan MPR. Pihak Pimpinan MPR dan Kesekjenan juga sudah membantah dan mengklarifikasi hal tersebut. Jadi tidak perlu dibesar-besarkan, ” terang Zainut.

Ia mengatakan MUI meyakini untuk pengamanan kegiatan pelantikan Presiden besok, pihak keamanan pasti sudah memiliki standard operasional prosedur (SOP) yang sudah digariskan oleh negara. (johara/win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: