Innalillah, KH Maftuh Basthul Birri Kediri Wafat

Sketsanews.cominnalillahi wainna ilahi rajiun.  KH Maftuh bin Basthul Birri yang wafat Rabu sore, 4 Desember 2019 dalam usia 71 tahun

 

Kiai Maftuh Lirboyo 2019

KH. Maftuh Basthul Birri adalah pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Hidayatul Mubtadi-in, adalah salah satu pesantren tua di Kediri yang berdiri sejak tahun 1910 M.

Kiai Maftuh dikenal sebagai hafidz Al-Quran yang produktif menulis. Kiai Maftuh pernah belajar Al-Quran kepada KH Ahmad Munawwir, Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta, KH. Nawawi Abdul Aziz (Ponpes AN NUR Ngrukem, Bantul), dan di Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran Kudus di hadapan Kiai Arwani Amin, Kudus.

Kiai Maftuh juga pernah belajar ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan Pesantren Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Dari petualangan ilmunya ini, beliau akhirnya berlabuh di Lirboyo menjadi menantu Kiai Marzuqi Dahlan.

Beliau bukan hanya ahli dalam bidang bacaan al-Quran, melainkan juga dalam bidang tulis-menulis al-Quran (khath). Hasil karyanya dalam bidang kaligrafi cukup banyak dan sangat indah. Tidak berlebihan jika kita menggolongkan beliau ke dalam daftar para khaththat handal Indonesia.

 

Saat ini beliau menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Murotilil Quran (PPMQ) Lirboyo Kediri. Pesantren ini termasuk salah satu unit dari Pondok Pesantren Lirboyo yang konsen dalam mempelajari al-Quran. Pesantren yang dirintis KH. Maftuh Basthul Birri ini telah banyak mencetak hafidz-hafidzah berkualitas sekaligus mumpuni membaca dan memahami kitab-kitab kuning (kitab klasik Islam).

Kiai Maftuh juga dikenal sebagai qari; dalam semaan al-Quran “Jantiko MANTAB” untuk daerah Kediri dan sekitarnya. Beliau juga menjadi pengamal wirid Dzikrul Ghafilin-nya Gus Miek, sehingga tidak heran kalau beliau menulis biografi dan karomah singkat para wali yang disebutkan dalam wirid itu.

Semoga segala dosanya diampuni Allah SWT, diterima amal sholehnya dan ditempatkan dalam derajat yang mulia bersama orang-orang sholih. Amiiin (red/Bangkitmedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: