Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News ISIS Bantai 12 Orang Sekeluarga di Irak

ISIS Bantai 12 Orang Sekeluarga di Irak

Para militan kelompok ISIS saat aktif di Timur Tengah. Kelompok tersebut telah mengalami kekalahan di Suriah dan Irak. Foto/REUTERS
Para militan kelompok ISIS saat aktif di Timur Tengah. Kelompok tersebut telah mengalami kekalahan di Suriah dan Irak. Foto/REUTERS

Sketsanews.com, Mosul – Kelompok militan ISIS membantai 12 orang sekeluarga di sebuah desa di Irak utara. Selusin orang yang dibunuh itu, termasuk wanita dan anak-anak.

Wakil Gubernur Provinsi Salahuddin, Ammar Hekmat, pada hari Sabtu mengatakan para militan ekstremis ISIS menyerang desa al-Farahatiyah di Irak utara dan melakukan pembantaian.

Alasan ISIS menargetkan selusin orang sekeluarga itu belum jelas. “Kami tidak yakin apakah salah satu anggota keluarga adalah seorang perwira polisi (atau tidak), tetapi ISIS memiliki kehadiran di daerah gurun seperti Salahuddin, Mosul dan Diyala,” kata seorang pejabat intelijen Irak yang dikutip AP, Minggu (3/6/2018).

“Mereka melakukan serangan di desa-desa di luar kota untuk menakut-nakuti keluarga dan mengingatkan warga bahwa mereka masih di sana,” lanjut pejabat tersebut.

Pemerintah Irak secara resmi mengumumkan kemenangan pasukan Baghdad atas kelompok ISIS pada bulan Desember lalu. Deklarasi kemenangan itu disampaikan setelah pasukan dan milisi pro-pemerintah Irak mengusir kelompok ekstremis itu dari berbagai wilayah di dekat perbatasan dengan Suriah.

Meski terusir, kelompok ISIS terus melakukan serangan sporadis, terutama yang menargetkan pasukan keamanan.

Tiga tahun lalu, kelompok radikal yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi itu memang menguasai sekitar sepertiga wilayah Irak. Namun, pendudukan itu tidak berumur panjang setelah pasukan Irak didukung koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) membombardir basis-basis ISIS selama berbulan-bulan. (wal/sindonews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: