Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Jamaah Haji Riau Banyak yang Batuk Pilek

Jamaah Haji Riau Banyak yang Batuk Pilek

Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji. (ilustrasi).

Sketsanews.com, Pekanbaru — Dua hari menjelang puncak ibadah haji 1438 H/2017 M, sebanyak 447 jamaah calon haji (JCH) asal Rokan Hulu tergabung dalam Kloter 9 embarkasi Batam, memeriksakan kesehatan ke posko di lantai 3 menara 3 Alkeswah Hotel, Jarwal, Makkah. “Hasil pemeriksaan ditemukan rata-rata penyakit yang diderita jamaah asal Rokan Hulu ini adalah batuk pilek dan tensi darah tinggi,” kata Humas Kemenag Riau Musdhalifah di Pekanbaru, Selasa (29/8).

Menurut Musdhalifah, penyebab batuk dan pilek JCH karena perbedaan cuaca Indonesia dan Makkah cukup ekstrim. Sedangkan tensi darah yang tinggi karena bawaan dan juga kecapekan, namun demikian secara umum kondisi jamaah Rohul tidak begitu mengkhawatirkan.

“Alhamdulillah, secara umum kondisi jamaah kita baik-baik saja dan siap untuk wukuf, kecuali satu orang yang akan dibadal hajikan atas nama Rostina Binti Yunus usia 57 tahun karena masih dirawat di ICU RS Al Annur Makkah,” kata Ikhlas.

Ketua Kloter 9, Jalli Sitakar menjelaskan, persiapan untuk wukuf sudah mendekati final. Seperti pengaturan transportasi, penempatan maktab dan jadwal melontar jumrah. “JCH kloter 9 tergabung di Maktab 46 bersama enam kloter dari daerah lainnya,” katanya.

Dilansir dari Republika, ia menjelaskan, jumlah jamaah di Kloter 9 tercatat sebanyak 447 orang dan hanya satu dibadalkan haji. Sedangkan yang safari wukuf tidak ada. Yang mewakilkan untuk melontar masih sedang diinventarisasi.

“Sesuai jadwal dari maktab kita, Kloter 9 diberangkatkan dari hotel ke Arafah Rabu siang waktu Arab Saudi mulai pukul 12.00 WAS. Pemberangkatan secara bergelombang,” kata Jalli.

(Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: