Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Makota Gelar Rakor Persiapan Ops Lilin Semeru 2018

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanewa.com)

Rakor Eksternal di Aula Polre Makota dalam rangka kesiapan Ops Lilin Semeru 2018. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanewa.com)

Sketsanews.com, Malang – Dalam rangka persiapan menghadapi perayaan Natal dan tahun baru, Polres Malang Kota menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) eksternal bersama instansi terkait, Jum’at, 14/12/2018. Rapat yang digelar di Aula Polres Malang Kota itu melibatkan Potmas, Pengurus Gereja serta tempat hiburan dalam rangka kesiapan Ops Lilin Semeru 2018.

Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni menerangkan, bahwa Rakor itu berdasarkan Undang-undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian negara Republik Indonesia, Perkap No. 9 Tahun 2011 tentang Manajemen Operasi Kepolisian, serta menindak lanjuti surat Kapolda Jatim tentang direktif Rencana Garis Besar (RGB) Ops Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2018.

“Rakor ini juga dalam rangka pengamanan perayaan Natal serta tahun baru 2019. Karena potensi kejahatan itu selalu ada dan bisa terjadi kapan saja”, terang Marhaeni.

Dalam rapat koordinasi itu diikuti oleh Pejabat Utama Polres Malang Kota, Kaposek serta Danramil dan Camat di jajaran Malang Kota, Denpom, Brimob, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus gereja, Dishub, Sat Pol PP, Dinkes, PMI, BPBD, serta petugas PLN.

Ops lilin yang berlangsung selama dua pekan terhitung sejak 15 Desember hingga 1 Januari itu juga akan mendirikan pos pengamanan di beberapa titik di Kota Malang. Hal ini guna mengantisipasi adanya kerawanan seperti, teror, kejahatan konvensional, sweeping ormas, bencana alam, lalu lintas, serta kerawanan dalam hal harga pangan.

“Nanti akan ada Apel gelar pasukan, pendirian pos pengamanan, sterilisasi berapa Gereja oleh tim Jihandak, serta PAM malam tahun baru” kata Marheni kepada Sketsanews.com, Jum’at (14/12).

Dijelaskan, pada pelaksanaan Ops Lilin Semeru 2018, Polres Malang Kota juga menerjunkan Sat Lantas, karena masalah kemacetan, serta konvoi menjadi persoalan dalam perayaan natal dan tahun baru.

“Persoalan kemacetan dan konvoi itu sudah hal yang wajar disetiap perayaan-perayaan puncaknya adalah malam tahun baru. Selain itu terminal dan Stasiun juga tak luput dari pengamanan antisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada perayaan natal dan libur akhir tahun”, ujar Kasubbag Humas Polres Malang Kota.

Lebih lanjut Kasubbag Humas Polres Makota menghimbau kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan atau mendapai adanya kejahatan pada saat pelaksanaan Ops Lilin Semeru 2018 maka dapat menghubungi pos pengamanan terdekat.

“Selama pelaksanaan Ops Lilin Semeru 2018 nanti, apabila masyarakat membutuhkan bantuan aparat Kepolisian bisa menghubungi pos pengamanan atau Polsek terdekat. Atau bisa juga langsung ke Polres Malang Kota”, pungkas Marhaeni. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: