Jelang Nataru, Polresta Malang Kota Pastikan Tidak Ada Sweeping

Sketsanews.com – Perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) sudah di depan mata. Segala aspek tentunya telah dipersiapkan guna memperlancar acara Natal, hari besar bagi umat Kristiani itu.

Tak terkecuali Polresta Malang Kota yang tengah mempersiapkan pengamanan untuk perayaan Natal dan tahun baru. Terlebih, belakangan ini publik sempat dibuat gaduh akan adanya imbauan dari salah satu mal di Kota Malang agar tidak memakai atribut Natal bagi karyawan muslim lantaran menghindari aksi sweeping dari oknum-oknum tertentu.

 

Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Harapantua Simarmata (Foto: Humas Polresta Malang Kota) 2019Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Harapantua Simarmata (Foto: Humas Polresta Malang Kota)

 

Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Harapantua Simarmata memastikan keamanan masyarakat Kota Malang dalam menjalani aktivitas perayaan Natal dan tahun baru mendatang. Polisi juga tidak akan menoleransi apabila ada oknum-oknum yang melakukan sweeping.

“Kami sudah koordinasi dengan teman-teman tiga pilar (Pemkot Malang, TNI, dan Polri) serta sepakat tidak menginginkan dan mengizinkan siapa pun untuk melaksanakan kegiatan-kegiayan di luar daripada ketentuan hukum,” ujar dia saat ditemui di Balai Kota Malang, Selasa (3/12).

Leonardus menegaskan, apabila masih ada oknum-oknum tertentu yang nekat melakukan tindakan anarki dan negatif, maka pihaknya tidak akan segan memproses sesuai dengan hukum perundang-undangan yang berlaku.

“Jadi, kalau ada yang coba-coba melakukan hal-hal seperti itu (sweeping), mohon maaf nanti kami akan tindak sesuai aturan perundang-undangan. Soalnya, siapa pun masyarakat di Kota Malang ini harus kami jamin hak-haknya dalam melaksanakan aktivitas,” tandasnya.

Lebih lanjut, mantan wakapolrestabes Surabaya ini mengatakan pihak kepolisian dalam waktu dekat juga akan melakukan operasi pengamanan bertajuk Operasi Lilin. Prioritas utamanya yakni memerangi tindakan radikalisme dan terorisme.

“Insya Allah juga nanti kami melibatkan seluruh tiga pilar. Kami akan bersama-sama mengawal perayaan Natal dan malam pergantian tahun. Antisipasi lainnya, saat ini kegiatan radikalisme dan terorisme merupakan bagian dari tugas kita untuk bersama-sama nanti memerangi itu semua,” pungkasnya.

Sumber : MalangTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: