Jelang Putusan MK, Papua Siaga Satu

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal. Foto: Istimewa

Sketsanews.com, Jayapura – Kepolisian Daerah Papua meningkatkan kesiagaannya menjadi siaga satu di wilayahnya menjelang pembacaan putusan sengketa hasil Pilkada oleh Mahkamah Konstitusi, Kamis (9/8/2018).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal saat ditemui wartawan di Mapolda Papua, Rabu (8/8/2018).

Kamal mengatakan, penerapan siaga satu di seluruh wilayah Papua ini untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas pasca pembacaan putusan MK terkait sengketa Pilkada.

“Berdasarkan data yang kami peroleh, MK dijadwalkan akan membacakan putusan sengketa hasil Pilkada di Kabupaten Deiyai dan Pilgub Papua pada Kamis (9/8/2018) pukul 13.00 WIB,” katanya, seperti dikutip dari rri.co.id.

Kamal berharap semua pihak dapat menerima apapun hasil putusan MK dan tidak melakukan aksi-aksi yang mengganggu stabilitas keamanan. Warga pun dihimbau untuk tidak terprovokasi hasutan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

“Potensi konflik tetap ada, tapi kita berharap hal itu tidak terjadi. Kami minta semua pihak bersama-sama menghargai proses demokrasi ini, karena putusan MK adalah final,” harapnya.

Ia menuturkan, sekitar 8.000 personil keamanan yang disiagakan di 29 Kabupaten/Kota di Papua. Ribuan personil ini terdiri dari personil Polda Papua dan Polres jajaran sertan bantuan dari pihak TNI.

“Mereka memang telah diterjunkan ke daerah-daerah untuk mengawal proses demokrasi mulai dari pemungutan suara hingga pelatinkan kepala daerah terpilih,” imbuhnya. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: