Jelang UNBK SMA/MA, Kemendikbud Siapkan Antisipasi Masalah Teknis

Ilustrasi UNBK SMA

Ilustrasi UNBK SMA

Sketsanews.com, Jakarta – Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/MA akan dimulai pada Senin (1/4/2019). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah melakukan persiapan untuk penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut.

Kepala BSNP, Bambang Suryadi menyatakan semuanya telah siap dan pihaknya sudah melakukan sinkronisasi dan pengunduhan soal UNBK di sekolah-sekolah yang bersangkutan.

“Sinkronisasi sudah berhasil dilakukan. Semoga tidak ada masalah pengunduhan token atau listrik,” ujar Bambang menjelaskan pada media, Minggu (31/3/2019).

Bambang mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi teknis berupa meja bantuan atau help desk di tingkat kabupaten/kota sampai pusat yang siap melayani permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan UNBK Di setiap sekolah juga akan ada proktor yang menjaga kelancaran UNBK.

“Ada help desk di tingkat kab/kota, provinsi dan pusat yang bisa berkomunikasi langsung dengan proktor. Jika ada masalah di sekolah, proktor akan menyampaikan ke help desk,” jelas Bambang.

UNBK bisa dilangsungkan beberapa sesi dalam sehari. Ada sekolah yang sanggup melaksanakan UNBK dalam dua sesi, ada juga yang 3 sesi.

Perlu diketahui, jumlah peserta UN tahun ini 8,3 juta peserta didik dengan 103 satuan pendidikan. Selain itu, persentase peserta yang mengikuti UNBK sebanyak 91 persen dan sisanya sembilan persen menjalankan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Adapun jumlah peserta UNBK SMA/MA sekitar 2 juta peserta didik dengan rincian 1,9 juta menjalankan ujian dengan UNBK dan sebanyak 44 ribu menjalankan ujian dengan sistem UNKP. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: