Jet Amerika Bombardir Pasukan Suriah di Selatan Palmyra

Rudal AGM-158 JASSM yang diduga diujicobakan Amerika Serikat saat menyerang Suriah

Sketsanews.com, Beirut – Pesawat tempur AS dikabarkan membombardir kubu pasukan Suriah di selatan Palmyra, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB. Seorang prajurit Suriah tewas, lainnya luka-luka.

Kabar ini diinformasikan National Defense Forces (NDF), dikutip Sputnik dan Al Masdar News, Jumat pagi ini. Bombardemen dilancarkan ke pos-pos Suriah di Desa Al Halba, sekitar 700 kilometer dari kota kuno Palmyra (Tadmur).

Seorang komandan Syrian Arab Army (SAA) kepada Sputnik mengatakan, pesawat tempur AS dan koalisinya malam itu juga menggempur posisi pasukan Suriah di Jabal Ghurab, sekitar 150 kilometer timur Palmyra, dekat dengan perbatasan dengan Irak.

Sebelumnya, Washington mengeluarkan peringatan keras kepada Suriah dan Rusia terkait gerak maju pasukan Suriah di wilayah selatan negara itu. Ini artinya merujuk rencana operasi besar membasmi teroris di Daraa dan Al Quneitra.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert, mengingatkan kembali kesepakatan zona deeskalasi yang dihasilkan pertemuan AS, Yordani, dan Rusia.

Nauert menyebut pihak AS menerima laporan-laporan terkait pelanggaran zona deeskalasi itu oleh pasukan Suriah menyusul serangan artileri, serangan udara dan roket ke basis-basis pemberontak.

Ia menambahkan, Menlu Mike Pompeo juga telah mengingatkan hal ini kepada Menlu Rusia Sergei Lavrov. Nauert tidak menjelaskan mengapa AS begitu terganggu dengan upaya keras Suriah menyatukan kembali wilayahnya yang dikuasai teroris.

Damaskus mengintensifkan operasi di wilayah ini guna merebut kembali wilayah kedaulatan negara yang dikuasai kelompok militan proksi barat, Israel, Turki, dan Arab.

Sebagian akses dan jalur suplai logistik ke Daraa telah dipotong pasukan khusus Suriah. Di wilayah ini terdapat ribuan anggota kelompok militan Ahrar Al Sham, Free Syrian Army. Jabhat al Nusra, dan Daesh/ISIS.

(Sh/Tribun)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: