Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News JK: Perang Dagang Amerika – Cina Pengaruhi Ekspor Indonesia

JK: Perang Dagang Amerika – Cina Pengaruhi Ekspor Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan pidato dalam acara halalbihalal di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, 4 Juli 2018. TEMPO/Friski Riana

Sketsanews.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina akan berdampak pada ekspor Indonesia. Terutama, ekspor berupa bahan baku industri ke Cina.

Jusuf Kalla mengatakan penurunan ekspor bisa terjadi jika industri di negeri berjulukan Tirai Bambu itu menurun akibat perang dagang. “Otomatis supply bahan baku dari kita bisa menurun,” katanya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Potensi penurunan ekspor itu disebut Kalla sebagai dampak tak langsung dari perang dagang. Selain dampak tersebut, Indonesia juga terpengaruh langsung lantaran Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk mengevaluasi generalized system of preferences (GSP). Kebijakan itu merupakan pemotongan bea masuk impor terhadap produk ekspor dari negara yang memperoleh manfaat. “Artinya memberikan keutamaan pada negara-negara berkembang termasuk Indonesia,” katanya.

Pemerintah Indonesia mengupayakan kompromi dengan Amerika terkait evaluasi GPS. Indonesia sendiri memperoleh manfaat GSP Amerika dalam kategori A. Amerika memberikan pemotongan tarif bea masuk untuk 3.500 produk.

Jusuf Kalla mengatakan pemerintah akan berupaya menstabilkam ekonomi dalam negeri untuk mengurangi dampak dari perang dagang Amerika dan Cina. “Sehingga bukan hanya ekspor tapi juga dalam negeri bisa tumbuh,” katanya. Pemerintah juga berupaya mencari pasar baru untuk ekspor, seperti yang dikutip dari Tempo.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: