Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Jokowi Angkat Bicara Rp1.000 Jadi Rp1: Perlu Waktu 11 Tahun

Jokowi Angkat Bicara Rp1.000 Jadi Rp1: Perlu Waktu 11 Tahun

Prsiden Jokko Widodo (Foto: Okezone)

Sketsanews.com, Jakarta – Pemerintah berencana melakukan redenominasi atau penyederhanaan nominal pada mata uang Rupiah. Saat ini, Rancangan Undang-Undang Redenominasi Mata Uang Rupiah ini telah dipersiapkan oleh pemerintah dan siap dibahas bersama DPR RI.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), proses redenominasi ini masih membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mencapai tahap pelaksanaan. Saat ini, pemerintah pun masih melakukan pembahasan secara lebih lanjut.

“Ini masih panjang sekali, jadi kami apa masih berdiskusi dan memerlukan proses panjang,” kata Jokowi saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Menurut Jokowi, butuh waktu hingga 11 tahun untuk mengimplementasikan hal ini. Saat ini, rencana redenominasi ini masih berada dalam tahap awal pembahasan. “Untuk pelaksanaan ini masih 11 tahun. Tapi tetap ini diproses sehingga nanti muncul keputusan, tapi semuanya harus dihitung dan dikalkulasi,” ujarnya.

Seperti diketahui, Rancangan Undang-Undang terkait
Redenominasi mata uang Rupiah rencananya akan dibahas bersama DPR RI pada tahun ini. Presiden Joko Widodo pun akan membawa topik redenominasi ini dalam sidang kabinet. Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardjojo RUU redenominasi ini telah siap untuk dibahas sejak 2013. Bahkan, Amanat Presiden terkait redenominasi telah dikantongi oleh pihak pemerintah.

Melansir dari Okezone, pembahasan ini molor. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya gejolak ekonomi global dan tekanan dari kebijakan moneter Amerika Serikat. Redenominasi penting untuk dilakukan oleh Indonesia. Sebab, dengan penyederhanaan nominal pada mata uang Rupiah, maka Rupiah dapat sejajar dengan mata uang negara lainnya.

Selama ini, kata Agus, mata uang Rupiah seolah-olah dipersepsikan lemah menghadapi dolar Amerika Serikat karena banyaknya nominal angka nol yang digunakan. Namun, mata uang Rupiah dapat sejajar dengan mata uang lainnya jika nantinya nominal pada mata uang Rupiah dapat disederhanakan.
(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: