Jokowi Gratiskan Tol Malang-Pandaan

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Jokowi meresmikan tol Malang-Pandaan di pintu Tol Singosari, Kabupaten Malang, 13/5/2019. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggratiskan tarif tol Malang-Pandaan. Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan tol Malang-Pandaan di pintu tol Singosari Kabupaten Malang, Senin, 13/5/2019..

Tol yang diresmikan yakni ruas seksi 1-3 dengan panjang 30,6 kilometer. Sementara itu untuk seksi 4-5 memiliki panjang 7,9 kilometer ditargetkan akan selesai akhir tahun 2019.

“Maksimal akhir tahun. Syukur-syukur bisa maju,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, dengan dioperasikannya ruas tol Pandaan-Malang bisa memperlancar arus mudik lebaran. Sebab, akan dengajdengan adanya tol ini bisa menghemat waktu tempuh.

“Surabaya-Malang (biasanya) bisa 3 jam. Setelah ini diperkirakan hanya 1 jam,” kata Jokowi.

Sementara itu Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan Malang Agus Purnomo, menjekaskan, dalam pengerjaannya, tol Malang-Pandaan memakan biaya sebesar Rp 5,97 triliun. “Estimasi pengguna tol Malang-Pandaan diperkirakan 20 kendaraan,” kata Agus Purnomo.

Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto menuturkan, untuk Tol Malang – Pandaan Seksi 4 sepanjang 4,8 Km menuju Kota Malang dapat dibuka fungsional pada saat mudik. Saat ini progresnya sendiri sudah mencapai 87 persen.

“Namun bisa kita fungsikan untuk membantu kelancaran mudik. Hanya saja gerbang keluarnya di Pakis tidak terlalu besar sehingga akan diatur sebagian bisa keluar di Pakis sebagian keluar di Singosari,” jelas Sugiyartanto. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: