Keabsahan Winglet Lengan Ayun Ducati Diputuskan Sebelum MotoGP Argentina 2019

Winglet Ducati. (ft net)

Raider Ducati Andrea Dovizioso. (ft Net)

Sketsanews.com, Jakarta – Polemik dan perdebatan mengenai winglet yang dipakai di lengan ayun motor Desmosedici GP19 milik Tim Mission Winnow Ducati segera menemui titik terang. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) akan mengumumkan hasil banding yang diajukan oleh empat tim MotoGP dalam waktu dekat.

Seperti diberitakan, Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia, memprotes penggunaan winglet di lengan ayun motor Ducati yang dianggap ilegal. Empat tim tersebut beranggapan winglet berfungsi tidak sesuai klaim Ducati, yakni mendinginkan ban belakang, tetapi justru menambah kecepatan motor.

Protes tersebut ditolak oleh Direktur Balap MotoGP Danny Aldridge usai MotoGP Qatar 2019. Tak menyerah, keempatnya langsung mengajukan banding ke FIM sebagai stakeholder tertinggi balap motor dunia.

Winglet Ducati. (ft net)

Keabsahan mengenai winglet tersebut akan diputuskan oleh Pengadilan Banding MotoGP yang dibentuk FIM dalam waktu dekat. Keputusan akhir diusahakan secepatnya keluar sebelum MotoGP Argentina 2019 pada 28-31 Maret mendatang.

“Sesuai dengan pasal regulasi Kejuaraan Dunia Balap Motor FIM, kasus tersebut diserahkan kepada Pengadilan Banding MotoGP yang terdiri dari tiga hakim anggota Komite Hakim FIM,” bunyi pernyataan resmi FIM, seperti dilansir dari BikeSportNews, Minggu (17/3/2019).

“Sidang dengar pendapat akan diatur dalam waktu dekat bersama perwakilan dari tim-tim terkait. Keputusan dari Pengadilan Banding MotoGP akan diumumkan sebelum seri Argentina pada 31 Maret. Hasil MotoGP Qatar 2019 akan tetap berlaku selama belum ada keputusan akhir dari Pengadilan Banding MotoGP,” tutup pernyataan tersebut. (sdq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: