Kelelawar Pertahankan Pertemanan Walau Kembali ke Asal

Sketsanews.com – Mungkin banyak yang tidak asing dengan binatang yang punya ingatan panjang seperti gajah. Namun tahukah Anda bila pertemanan kelelawar tetap bertahan walau kembali ke habitat aslinya?

Para peneliti mengamati sejumlah kelelawar umumnya (Desmodus rotundus) selama total 22 bulan ditahan dan dilepas sambal dicatat aktivitasnya. Mereka mengambil 23 kelelawar betina yang diambil dari “pohon besar yang hampa” berisi sekitar 200 kelelawar.

Sebelum mengumpulkan kelelawar-kelelawar tadi, tim peneliti mencatat pengamatan mereka mengenai interaksial sosialnya. Kemudian diukur kedekatan setiap kelelawar dengan Pearson’s correlation dengan hasil seperti di bawah ini. Rata-rata menunjukkan tiga elemen hubungan Dyadic: kekerabatan, merawat, dan berbagi makan.

Setelah dipisah beberapa bulan dan siap dilepas kembali, setiap kelelawar diikuti jalurnya dengan menggunakan sensor jarak beresolusi tinggi.

Pada penelitian ini, tingkat berbagi makanan dan saling merawat berhubungan dan simetris, bahkan setelah mengontrol faktor kekerabatan. Maka bila ingin bersahabat dengan kelelawar, cobalah berbagi makanan atau merawat. Niscaya akan sangat mudah berteman dengan kelelawar. Penelitian ini dipublikasikan dengan judul “Vampire Bats that Cooperate in the Lab Maintain Their Social Networks in the Wild.” (EJP)

 

Sumber : DNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: