Kenalkan Tujuh Stafsus, Jokowi Pilih Pakai Bean Bag Ala Startup

Sketsanews.com – Momen perkenalan tujuh staf khusus presiden, membuka ingatan kita pada momen serupa, di mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenalkan menteri dan wakil menterinya.

Pada tiga momen itu, Jokowi menebarkan pesona keakraban dan kekeluargaan dengan para pembantunya tersebut. Sentuhan khas gaya Jokowi adalah dengan duduk di teras istana, lalu mengenalkan satu persatu dengan gaya dan bahasa yang santai.

Hal ini belum pernah dilakukan oleh presiden lainnya di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

Setelah resmi dilantik pada Minggu (20/10) tak lama berselang Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya serta susunan staf khusus.

Perkenalan menteri berlangsung pada 23 Oktober 2019, perkenalan wakil menteri pada 25 Oktober 2019 dan yang baru saja berlangsung kemarin perkenalan staf khusus pada 21 November 2019.

Saat pengumuman kabinet, Jokowi mengambil cara duduk lesehan di tangga Veranda depan Istana Merdeka, di bawah terik matahari pagi.

Begitu juga saat pengumuman wakil menteri, Jokowi mengajak para pembantunya itu duduk lesehan di tangga Istana, namun kondisinya lebih adem karena beratap.
Mengapa duduk lesehan yang Jokowi pilih?

“Saya kira duduk itu memfilosofikan rendah hati, merakyat, tapi tetap harus bekerja keras karena diumumkan dalam kondisi panas luar biasa,” Jokowi pernah mengatakan hal itu kepada wartawan, Kamis (24/10).

Untuk momen pengenalan tujuh stas khusus yang berlangsung sore kemarin, Kamis (21/11), Jokowi juga mengajak para milenial itu duduk di teras Istana Merdeka. Kali ini, Jokowi menggunakan bean bag bewarna-warni.

Suasana pengenalan pun terbilang santai. Baik Jokowi maupun tujuh staf khususnya kompak menggunakan kemeja putih dan celana hitam.

Jokowi menjelaskan sengaja ia menggunakan bean bag saat memperkenalkan tujuh anak muda itu yang terdiri dari para milenial usia 23-36 tahun. Bean bag warna-warni biasanya ditemukan di kantor-kantor startup. Mengesankan suasana milenial.

“Ya kita ingin kenalkan dengan cara seperti ini saja,” ucap Jokowi kepada wartawan. []

Sumber : rmol.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: