Kiat Agar Tubuh Tak Cepat Pegal Saat Perjalanan Mudik Jarak Jauh

Ilustrasi mudik (ist)

Ilustrasi mudik (ist)

Sketsanews.com, Jakarta – Alternatif mudik yang sering dipilih oleh masyarakat Indonesia yakni melalui jalur darat dengan menggunakan mobil pribadi jadi bisa pulang kampung bersama seluruh anggota keluarga.

Hanya saja terkadang kalau melakukan perjalanan jauh dengan mobil, badan rentan pegal-pegal. Kalau sudah pegal, kamu bisa lakukan peregangan ringan agar badan kembali nyaman.

“Regangkan badan, goyangin kaki kan bisa. ini kan hal-hal sederhana. Meregangkan tangan, kaki dan pinggang. Kalau misalnya mobilnya berhenti di rest area bisa melakukan gerakan peregangan dengan meluruskan badan,” kata Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, Kartini Rustandi,  belum lama ini.

Melansir dari DetikHealth Kartini mengatakan dengan menggerakkan badan akan membuat tubuh menjadi tidak kaku apalagi ketika duduk di mobil selama berjam-jam.

“Kalau nyetir mobil dengan postur yang buruk seperti terlalu condong ke depan atau belakang, tentu akan membuat bagian punggung terasa pegal dan sakit,” tambahnya.

Jadi, lalukan peregangan paling tidak selama dua sampai tiga kali dengan menaikkan tangan ke atas, menggerakkan kepala, atau lakukan gerakan streching lainnya.

“Kita menggerakkan tubuh kita, mengolah tubuh kita, supaya tubuh kita tidak kaku. apalagi kalau perjalanan jauh dan mengejar waktu, tubuh juga akan meresponsnya kaku jadi akan terasa capek banget,” lanjutnya.

Untuk itu, ketika melakukan perjalanan jauh dan menggunakan mobil harus rileks duduknya. Selain itu juga harus menjaga agar suasana di dalam mobil tetap nyaman. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: