Kisenda Wiranata, Kepala Bais TNI yang Dilantik Hadi Tjahjanto

Marsekal Muda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A (Wikipedia)

Marsekal Muda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A (Wikipedia)

Sketsanews.com, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin serah terima jabatan enam perwira tinggi di lingkungan TNI pada Kamis, 28 Desember 2017. Salah satu jabatan yang diserahterimakan adalah jabatan Kepala Badan Intelejen Strategis (Bais) TNI.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Sabrar Fadhilah mengatakan pergantian tersebut dilaksanakan sesuai kebutuhan organisasi terkait dengan tugas-tugas TNI mendatang.
“Semua dilaksanakan sesuai prosedur dan sudah ada pemberitahuan terlebih dahulu,” kata dia pada Jumat, 29 Desember 2017.

Posisi yang sebelumnya diisi oleh Mayor Jenderal Ilyas Alamsyah, kini diisi oleh penggantinya yaitu Marsekal Muda Kisenda Wiranata Kusuma. Kisenda sebelumnya menjabat sebagai Asistem Pengamanan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Mengutip dari Tempo, Kisenda adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Sebelum menjadi Kepala Bais, dia sempat menempati beberapa posisi di lingkungan Bais TNI.

Ia pernah menjadi Paban Utama F-2 Direktorat F Bais TNI. Pada 2015, Kisenda diangkat menjadi Direktur D Bais TNI yang membidangi pengawasan orang asing. Karirnya kembali naik tahun ini untuk mengepalai lembaga intelejen kemiliteran tersebut.

Kisenda adalah perwira tinggi kedua dari kesatuan TNI AU yang menjabat sebagai Kepala Bais. Bais pernah dipimpin oleh perwira tinggi TNI AU lain, yaitu Marsekal Madya Ian Santoso, yang kini telah pensiun. Posisi ini sebelumnya beberapa kali diisi oleh perwira tinggi dari TNI AD.

Mutasi jabatan Kisenda tertuang dalam surat keputusan yang ditandatangani mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Sebelum melepas jabatannya, ia sempat mengeluarkan surat keputusan Nomor Kep/982/XII/2017 tentang mutasi sejumlah perwira tinggi.

Namun Hadi Tjahjanto sebagai panglima yang baru mengeluarkan surat keputusan baru yang menganulir mutasi sejumlah jabatan. Ada 16 nama dari 85 nama perwira tinggi TNI yang mutasinya dibatalkan oleh Hadi. (Wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: