Kombinasi Apik Junior-Senior Antarkan Wales ke Piala Eropa 2020

Sketsanews.comCARDIFF – Ryan Giggs tak mampu menahan luapan rasa gembira. Dia terharu, bahagia, dan bangga saat Timnas Wales akhirnya memastikan diri melaju ke putaran final Piala Eropa 2020.

Wales menyegel tiket terakhir Piala Eropa 2020 setelah menumbangkan Hungaria dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Stadion Cardiff City, Wales, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Aaron Ramsey menjadi pahlawan pada laga tersebut dengan memborong dua gol.

Timnas Wales (Reuters-Andrew Boyers)

Kemenangan itu membuat Wales bertengger di posisi kedua Grup E Kualifikasi Piala Eropa dengan torehan 14 poin. Mereka lolos sebagai runner up grup. Seandainya kalah, maka Hungaria lah yang akan mendapatkan tiket ke Piala Eropa 2020.

Kegembiraan pemain dan fans tim berjuluk The Dragons bukannya tanpa alasan. Negara kecil di Britania Raya itu memang baru dua kali mencicipi event besar yaitu Piala Dunia 1958 dan Piala Eropa 2016. Piala Eropa 2020 menjadi event terbesar ketiga yang akan mereka hadapi.

Pada jeda waktu 1958 sampai 2016, mereka selalu gagal masuk putaran final baik di piala dunia maupun Piala Eropa. Bahkan, mereka juga gagal dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Hasil gemilang itu tak terlepas dari kecemerlangan Giggs mengombinasikan pemain muda dan pemain senior.

Pemain-pemain muda yang masuk skuat utama di laga tersebut antara lain Tom Lockyer, bek Chris Mepham, dan gelandang Daniel James. Sedangkan pemain senior yang tergabung di skuat antara lain adalah kiper Wayne Hennessey, bek Ben Davies, gelandang Joe Allen, gelandang Aaron Ramsey, dan striker sayap Gareth Bale.

Ryan Giggs mengatakan banyak hal telah ditunjukkan para pemain muda. Tetapi mereka tidak akan mampu melakukannya tanpa pemain berpengalaman di skuad. “Saya meminta mereka untuk mendaki gunung itu lagi dan mereka melakukannya,” ujar legenda Manchester United itu dilansir dari uefa.com, Rabu.

“Itu adalah kinerja yang luar biasa: Joe Allen luar biasa dan saya pikir Wayne Hennessey telah menyamai rekor clean sheet. Dia mempertahankan kami dalam banyak kesempatan [serangan lawan], ” imbuhnya.

Solopos

2019-11-20 23:25:27

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: