Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Komisi I Bahas ‘Hilangnya’ Foto Amien-Rizieq di IG Usai Lebaran

Komisi I Bahas ‘Hilangnya’ Foto Amien-Rizieq di IG Usai Lebaran

Postingan foto Amien Rais-Rizieq yang ‘hilang’ di Instagram @amienraisofficial

Sketsanews.com, Jakarta – Komisi I DPR akan menggelar rapat soal sikap Instagram (IG) yang meghapus foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Imam Besar FPI Habib Rizieq. Rapat digelar setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk IG akan kami rapatkan setelah lebaran,” kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari ketika dikonfirmasi, Selasa (5/6/2018).

Abdul menerangkan rapat terkait IG tak dapat dilakukan dalam waktu dekat karena Komisi I sedang fokus membahas anggaran mitra-mitra kerjanya. Belum diketahui, apakah pihak Instagram atau Kominfo yang akan dipanggil Komisi I.

“Kami sedang fokus membahas anggaran mitra kerja Komisi I sampai menjelang Lebaran,” ujar Abdul.

Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial. Sebelumnya, ada foto Amien Rais saat bertemu Habib Rizieq Syihab dan Prabowo ketika umrah. Saat dilihat pada Senin (4/6/2018), foto itu tidak ada lagi. Admin Ig @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaannya atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai.

Dikutip dari Detik, “IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (order baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (order lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia,” demikian keterangan di akun @amienraisofficial.

Dihubungi terpisah, pihak Instagram membenarkan postingan foto di akun itu hilang. Tapi itu bukan kesengajaan dari pihak Instagram. “Lagi dicek kenapa di-take down. Kemungkinan ini berdasarkan laporan pengguna,” ujar perwakilan Instagram saat dihubungi Senin siang (4/6).
(Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: