Kota ‘Anti Sepeda Motor’ di Dunia

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa kota di belahan dunia ini yang melarang keberadaan sepeda motor di jalanan. Ibu kota Ethiopia, Addis Ababa menjadi kota terkini yang bergabung dalam daftar kota ‘anti sepeda motor’.

Larangan sepeda motor di Addis Ababa ini diberlakukan setelah kendaraan roda dua dituding sebagai sumber tindakan kriminal. Sebelumnya, tiga kota besar juga melarang motor mengaspal. Lagos, Abuja, dan Port Harcourt yang semua masuk wilayah Nigeri juga melarang adanya motor.

Dilansir visordown, Jumat 12 Juli 2019, alasan pihak berwenang di ibu kota Ethiopia itu juga tampak tak masuk akal. Mereka menganggap keberadaan motor lebih merugikan karena dituding sebagai pemicu tingginya angka kecelakaan lalu lintas, kendaraan perampok dan jambret hingga menjadi alat untuk tindakan kekerasan lainnya.

Meski bukan hal baru untuk wilayah di Benua Afrika, namun tindakan pemerintah Kota Addis Ababa ini menuai kecaman. Terutama dari produsen motor dan pelaku usaha pengiriman baik paket maupun makanan cepat saji.

Nah, apa jadinya jika hal itu diberlakukan sepenuhnya di seluruh ruas jalanan ibu kota Jakarta? Tentu akan menimbulkan ‘gonjang-ganjing’ mengingat sepeda motor menjadi moda transportasi paling banyak digunakan.

Justru yang menarik, apakah benar keputusan kota-kota tersebut melarang sepeda motor digunakan akan menekan angka kecelakaan dan kriminal? Waktu yang akan menjawabnya. (Yan)

 

sumber : 100kpj

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: