Lakukan Pungli di Tempat Wisata, 5 Orang Diciduk Polisi

ilustrasi pungli. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

ilustrasi pungli. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Sketsanews.com, Bogor – Kepolisian Resort Sukabumi mengamankan lima orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) kepada wisatawan di area wisata Pantai Cibangban, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus mengatakan kelima pelaku yang masing-masing berinisial PS (42), GG (37), NY (29), ABD (27), dan AMR (39) diamankan polisi pada, Rabu 28 Juli 2017.

Sebagaimana dikutip Okezone, penangkapan berawal dari adanya laporan wisatawan yang resah dengan adanya pungutan liar di area Pantai Cibangban. Mereka dikenakan tarif oleh kelima pelaku saat keluar area parkir.

“Wisatawan yang menggunakan motor dikenakan tarif Rp10 ribu, kalau mobil Rp20 ribu. Padahal area parkir sudah dipungut retribusi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi,” katanya, Kamis (29/6/2017).

Dari laporan tersebut polisi melakukan penyelidikan lebih lanjut dan berhasil mengamankan para pelaku. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pungutan itu diluar dari pemungutan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Selain kelima pelaku, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa satu buah tas warna abu-abu, 10 buah tanda parkir, sebuah buah spidol, dan uang tunai sebesar Rp5.465.000.

“Pungutan liar tersebut di luar ketentuan yang ada, alias ilegal. Mereka meminta uang ke wisatawan dengan alasan biaya keamanan dan saat ini mereka masih diperiksa di Mapolsek Cisolok,” tutupnya.

(bin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: