Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Lebih Dari 100 Ribu Pemilih di Garut Belum Punya e-KTP

Lebih Dari 100 Ribu Pemilih di Garut Belum Punya e-KTP

Istimewa

Sketsanews.com, Garut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 1,8 juta warga Kabupaten Garut ke dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilkada 2018. Namun, Seratus ribuan warga tercatat belum memiliki KTP Elektronik.

“Jumlahnya sangat banyak, ada 182.387 pemilih yang belum memiliki KTP elektronik,” ujar Komisioner KPU Garut Bidang Perencanaan dan Data Djudju Nuzaluddin kepada wartawan di kantornya, Jalan Suherman, Tarogong Kaler, Sabtu (17/3/18).

Data pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik diketahui saat proses verifikasi faktual yang dilakukan KPU tingkat kecamatan. Menanggapi hal tersebut, KPU akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Garut.

“Harus memiliki E-KTP saat pemilihan,” katanya.

Sementara itu 1.835.412 warga Garut ditetapkan sebagai DPS. Jutaan warga tersebut tersebar di 42 kecamatan yang ada di Garut. Djudju menambahkan, jumlah DPS pada tahun ini hampir sama dengan jumlah DPS pada Pilkada 2014.

“Tidak ada perubahan yang signifikan,” katanya.

1,8 juta warga Garut yang masuk ke dalam DPS merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang sudah dilaksanakan pihak KPU Garut.

Selain menemukan ratusan ribu pemilih yang belum memiliki KTP elektronik, KPU Garut juga menemukan data pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Di lansir dari detik, “Data pemilih yang tidak memenuhi syarat ini karena datanya ganda, sudah meninggal dan pindah alamat,” pungkas Djudju. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: