LIPI Uji Coba Kijang Lawas Menggunakan Dinamo Listrik

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Bicara soal mobil terlaris di Indonesia, maka nama yang sering diucapkan adalah Toyota Avanza. Namun, sebelum kendaraan sejuta umat itu dilahirkan, ada model lain yang banyak digandrungi masyarakat di Tanah Air.

Model yang dimaksud adalah Toyota Kijang. Mobil yang versi pertamanya hadir pada 1977 itu, menjadi awal dari tumbuhnya pasar mobil keluarga. Seiring perkembangan zaman, bentuk dan mesin yang digunakan mengalami perubahan.

Meski kini model barunya sudah hadir, Kijang lama masih banyak berseliweran di jalanan. Bahkan, ada satu yang kini tidak pernah lagi mampir ke stasiun pengisian bahan bakar umum untuk mengisi bensin.

Dilansir dari laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rabu 19 Juni 2019, Kijang lawas menjadi salah satu bahan percobaan para peneliti di LIPI. Oleh mereka, mesin bensin yang terpasang diturunkan, dan diganti dengan dinamo listrik.

Tangki bahan bakar juga dilepas, dan lubang pengisiannya diganti dengan soket untuk mengisi ulang baterai. Mobil tersebut dibekali dinamo 96 Volt tiga fase, yang dapat menghasilkan tenaga 52 daya kuda dan torsi 156 Newton meter.

Dalam kondisi baterai penuh, mobil bisa menempuh jarak 75 kilometer. Kecepatan maksimalnya mencapai 120 km per jam. (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: