Lotte Bakal Bangun Pabrik di Cilegon, Nilainya Rp 52 T

Rencana investasi Lotte Chemical di Cilegon. Ilustrasi:

Rencana investasi Lotte Chemical di Cilegon. Ilustrasi

Sketsanews.com, Jakarta – Perusahaan petrokimia asal Korea Selatan, Lotte Chemical akan berinvestasi di Kota Cilegon, Banten. Tidak tanggung-tanggung, nilai investasi yang akan digelontorkan mencapai USD 4 miliar atau sekira Rp 52 triliun (bila kurs Rp13.000 per dolar).

Rencana investasi itu tentu mendapat respons positif Pemkot Cilegon. Wali Kota Tb Iman Ariyadi mengaku menyambut baik rencana itu.

“Cilegon ini kan memang didesain sebagai kota industri sehingga jika ada investasi dari mana pun harus diterima dan direspons dengan baik,” kata Imam, dilansir dari JPNN, Senin (20/2).

Hanya saja, lanjut Imam, Pemkot Cilegon mengajukan ketentuan terkait investasi tersebut. Ketentuan yang dimaksud adalah, investasi harus menunjang kepentingan daerah, seperti pembangunan terminal laut atau Pelabuhan Warnasari.

“Karena lahan Lotte itu kan tidak jauh dari Warnasari. Apalagi kita juga akan bangun akses jalan menuju pelabuhan. Dan lahan Lotte itu ada yang terkena untuk akses jalan. Rencananya kita akan beli tanah Lotte yang akan dibangun akses jalan. Ini harus didukung oleh Lotte,” tutur wali kota.

Selain itu, adanya investasi juga harus mampu menyerap tenaga kerja lokal Cilegon. Minimal 80 persen persen tenaga kerja harus berasal dari Kota Baja.

“Siapa pun boleh berinvetasi disini. Tapi harus bisa memenuhi persyaratan itu,” imbuh dia.

Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian Sumber Daya Alam Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sabri Mahyudin menambahkan, lahan produksi Lotte berada di area PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC). Luasnya kurang lebih 80 hektare.

“Kalau tidak salah, lahannya dekat dengan PT KDL (Krakatau Daya Listrik). Untuk yang lainnya saya belum tahu persis kapan akan mulai dibangun pabrik tersebut,” tambah Sabri. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: