Masuk Area CFN Solo, Warga akan Diperiksa Barang Bawaannya

Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Sketsanews.com,Solo – Masyarakat dilarang membawa benda-benda berbahaya saat menikmati malam pergantian tahun di car free night (CFN) Jalan Slamet Riyadi, Solo. Tim gabungan pengamanan akan memeriksa semua barang bawaan pengunjung CFN di simpul-simpul jalan.

Hal tersebut merupakan perintah Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono dalam apel siaga pergantian tahun di Jalan Adi Sucipto, Manahan, Solo, Minggu (31/12/2017). Apel diikuti oleh aparat kepolisian, TNI, jajaran Pemkot Surakarta dan ormas.

Larangan tersebut merupakan upaya preventif agar tidak terjadi gangguan keamanan selama berjalannya perayaan malam tahun baru 2018. Barang bawaan yang dilarang, antara lain miras, senjata tajam, termasuk kembang api dan petasan.

“Saya minta petugas tidak mengendorkan perhatian dan antisipasinya terhadap gangguan kamtibmas. Lakukan sterilisasi, periksa barang bawaan, miras, senjata tajam,” kata Kapolda memberikan amanat apel.

Dia juga meminta masyarakat tidak merayakan tahun baru dengan cara hura-hura. Malam tahun baru harus dimaknai sebagai momen untuk introspeksi diri.

“Untuk petugas, saya minta tenaganya jangan dihabiskan pada malam harinya. Karena besok paginya masih ada tugas pengamanan, karena masyarakat akan berbondong-bondong ke tempat wisata, pusat perbelanjaan dan pusat kuliner,” ujarnya.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo menambahkan, gelaran CFN akan dimulai pada pukul 21.00 WIB. Dia meminta agar Jalan Slamet Riyadi steril pada pukul 01.30 WIB.

“Saya minta pukul 01.30 WIB sudah steril karena besoknya masih ada kegiatan pengamanan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat dilarang melakukan konvoi, terlebih dapat mengganggu lalu lintas. Polisi pun siap melakukan razia kepada para pelaku pelanggaran lalu lintas.

“Tidak boleh ada konvoi. Kita juga akan adakan operasi terpadu kelengkapan kendaraan. Saya minta masyarakat menikmati tahun baru dengan cara baik dan benar,” tutupnya. Seperti dikutip dari Detik.com

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: