Sketsa News
Home News Meksiko Ogah Bayar Tembok Perbatasan, Trump Frustasi

Meksiko Ogah Bayar Tembok Perbatasan, Trump Frustasi

 

Tembok Perbatasan AS-Meksiko (Reuters)

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto membatalkan kunjungannya secara resmi ke Washington untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump setelah berseteru melalui telepon yang membuat keduanya mengalami hambatan kebijakan.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, Nieto merencanakan perjalanan ke AS bulan Maret mendatang. Namun ia mengonfirmasi kepada CNN kalau perjalanan tersebut ditunda setelah ia berbicara melalui telepon dengan Trump 20 Februari lalu.

Washington Post yang pertama kali melaporkan pembatalan tersebut. Kedua pejabat negara itu mengatakan, Nieto membatalkan agenda tersebut setelah Trump tidak menyetujui Meksiko yang tidak mau mendanai pembangunan tembok perbatasan AS dan Meksiko.

Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump (Getty Images)

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, pertemuan ini kemungkinan akan canggung dan kontraproduktif antara keduanya setelah janji Trump kalau Meksiko akan mendanai tembok perbatasan tersebut.

Seperti dilansir Jawapos, Minggu, (25/2), panggilan telepon tersebut tidak bermusuhan dibandingkan dengan apa yang terjadi antara kedua pemimpin tersebut setahun yang lalu.

Setidaknya salah seorang pejabat Meksiko mengatakan, Trump kehilangan kesabaran. Ia terlihat frustasi dan jengkel. Trump percaya Nieto tak mau mendanai tembok perbatasan antara kedua negara.

Menurut laporan, kedua pemimpin sudah melakukan pertemuan tahun ini untuk membahas tembok perbatasan tersebut.

Para pejabat dari kedua negara telah memastikan untuk menghindari rasa malu Nieto di depan umum. Keengganan Trump memberikan kepastian juga terbukti sebagai faktor gagalnya perjanjian.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: