Menerjang Banjir Motor Tetap Fit

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Memasuki musim hujan tentu ada potensi banjir di beberapa wilayah, baik banjir tinggi, menengah, maupun rendah. Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai masuk musim penghujan, termasuk di Jakarta.

Bagi pengendara motor harus waspada dan hati-hati terutama ketika melewati jalan yang banjir. Kondisi hujan yang terus menerus dan banjir yang menutupi badan jalan bisa mengakibatkan motor mogok akibat busi atau saringan udara motor yang kemasukan air.

Jika keseringan mogok, tidak menutup kemungkinan mesin motor akan cepat rusak. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan supaya motor tidak rusak akibat terjangan banjir.

1. Apabila terpaksa harus menerobos banjir, lebih baik matikan mesin motor, karena apabila air tersebut masuk saat suhu ruang bakar tinggi akan menyebabkan piston motor pecah.

2. Ketika melintasi lokasi banjir, perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi pada motor, karena air yang masuk dapat menyebabkan pengapian dalam mesin tidak berjalan baik.

3. Selama musim hujan, berikan perhatian untuk busi. Lapisilah komponen busi dengan gemuk, setidaknya pelindung itu dapat meminimalisasi air masuk ke area pengapian.

4. Jika terlanjur busi kemasukan air semprotlah dengan pelumas ke kepala businya agar airnya bisa cepat kering.

5. Apabila masih tetap ingin memaksakan mesin motor tetap hidup, masukkan selang tebal ke knalpot dengan menghadap ke atas, setidaknya itu dapat mengurangi air masuk ke mesin.

(Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: