Mengenal Polisi Satwa di Polres Malang Kota

Kanit K-9 Polres Malang Kota Aiptu Imam Mukhson Ridlo saat latihan pencarian narkotika di Mapolresta Malang (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com – Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa itu Detasmen K9? Sebenarnya K9 adalah istilah untuk anjing yang dilatih khusus untuk membantu polisi atau militer dan penegak hukum lainnya.

Arti kata Ca-nine atau yang biasa disebut unit K-9 berasal dari kata Yunani Canineae familyae selanjutnya disebut keluarga Canis (Srigala), jenis binatang buas yang memiliki susunan gigi geligi pemotong daging, terletak persis dibelakang taring.

Kali ini Sketsanews bertemu langsung dengan Kanit K-9 Polres Malang Kota Aiptu Imam Mukhson Ridlodan sedikit berbagi terkait Satuan K-9.

Apa sebenarnya Polisi satwa atau yang biasa disebut dengan Satuan K-9?

Polisi satwa itu sebetulnya untuk membantu tugas pimpinan ataupun penyidik guna membantu mempermudah penyelidikan, jadi hanya sebatas tenaga teknis bantuan.

Hewan apa saja yang dimiliki Polisi satwa di Polresta Malang ?

Sebenarnya Polres Malang Kota memiliki tujuh ekor anjing yang difungsikan untuk tenaga teknis bantuan. Ketujuh anjing itu biasa disebut Arema Police.

Ada jenis Labrador Retriever dari Belanda, Belgian Malinois ada Herder Long Hair dan Rottweiler. Tetapi karena Harder Long Hair nya sudah terlalu tua, maka kita gantikan anjing jenis Fox yang sesuai dengan kebutuhan Kepolisian.

Berapakah lama masa keemasan bagi anjing Polisi?

Perlu digarisbawahi bawa bahwa anjing yang ada di kantor polisi yang kita miliki ini, ini adalah anjing seleksi karena pada intinya tidak semua anjing bisa diajari. Adapun untuk masa masa keemasan anjing rata-rata usia 14 tahun kebawah, dengan tetap memperhatikan proses seleksi.

Apa saja spesifikasi yang masuk kedalam kriteria anjing Polisi?

Anjing yang memiliki kemauan tinggi utamanya adalah anjing yang gila dengan hadiah, maka harus ditingkatkan kegilaannya untuk mendapatkan hadiah. Setelah dia mendapatkan buruannya, maka anjing itu akan mendapatkan hadiah dari tuannya. Tuannya siapa? Ya pawangnya atau yang menghandle saat itu.

Apakah ketika bekerja anjing harus dengan pawangnya?

Paling tidak mengetahui cara menjalankan anjing, karena anjing tidak tiba-tiba begitu saja. Dia harus menyesuaikan bahasa yang kita terapkan sehari-hari yang biasa kita latih kan, misalnya anjing lacak umum kita gunakan untuk pencarian bahan peledak (Handak) maka itu tidak akan bisa. Anjing lacak umum maka kerjanya hanya untuk lacak umum saja. Sedangkan anjing lacak khusus untuk pencairan khusus saja. Misalnya anjing narkotik maka khusus untuk mencari narkotik saja, begitu juga dengan anjing handak, maka untuk mencari bahan peledak saja.

Jadi dengan upaya pawang disekolahkan dengan pimpinan ke direktorat Polisi Satwa untuk melatih atau mengasah anjing yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan tadi. Intinya tidak tiba-tiba kita harus mengajari anjing. Harus tahu teknik-tekniknya.

Sementara ini kami meliliki dua pawang. Walaupun standarnya adalah anjing 1 dipegang oleh satu pawang atau dua polisi.

Adapun untuk di sini maka kita pola bagaimanapun anjing harus merasa nyaman tidak cemburu karena pada hakikatnyanya anjing juga memiliki kecemburuan. Mereka juga memiliki psikologis terbatas tentang anjing dan ini juga yang menjadi spesifikasi anjing dalam penyeleksian nantinya akan kita arahkan kehandak atau lacak umum. Jadi intinya anjing tidak pintar segalanya.

Kanit K-9 Polres Malang Kota Aiptu Imam Mukhson Ridlo saat latihan pencarian narkotika di Mapolresta Malang (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Bagaimana pembagian tugas satuan anjing K9 di Indonesia?

1. Anjing Dalmas tipe anjing ini di latih khusus untuk pembubaran atau menghalau masa, bersama-sama dengan subdit Dalmas. Anjing ini akan sangat berguna untuk memecah kerumunan, mendorong dan mencerai beraikan kerumunan massa menjadi kelompok yang lebih kecil sehingga lebih mudah dikendalikan.
2. Anjing pelacak Krim Um yaitu tipe anjing yang dilatih khusus untuk melacak pelaku tindak pidana kriminal umum.
3. Anjing Pelacak HanDak yaitu tipe anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi atau mensterilisasi bahan peledak, dalam tugasnya anjing ini bergabung dengan team Jihandak atau Gegana.
4. Anjing Pelacak Narkotik yaitu anjing yang dilatih khusus mendeteksi dan operasi narkotik dalam tugasnya bergabung dengan satuan reserse dan BNN.

Bagaimana penerapan metode pelatihannya?

Setiap hari kita lakukan latihan-latihan kalau lacak umum kita biasa latihan di luar Mako karena kalau disini karena banyak masyarakat yang lalu lalang jadi kurang safety terkadang kita juga mampir ke temen-temen Brimob teman-teman AURI, karena mereka memiliki lahan yang cukup luas.

Kita juga sering melakukan di bahu bahu jalan, jadi kita inovasikan seolah-olah ini adalah kejadian nyata khususnya adalah lacak umum. Tetapi kalau narkotik cukup kita lakukan disini saja sudah cukup.

Terkadang Kalau bosan kita keluar, bisa di Alun-alun Kota, pos-pos polisi bisa kita gunakan untuk latihan.

Selain itu diajarkan juga cara melompat, cara duduk dengan kalimat-kalimat perintah kita. Cara bekerja, cara mencari benda, serta melatih penciuman mereka.

Bagaimana dengan perawatannya, adakah suplemen khusus?

Perawatan anjing ini sangat diperhatikan oleh pimpinan untuk kesehatan anjingnya. Termasuk juga alat kendaraan satwanya. Kita berterima kasih sekali atas fasilitas yang diberikan pimpinan kepada unit K-9.

Adapun untuk makanan, tidak ada bedanya degan anjing pada umumnya. Namun kita selalu memberikan vitamin setiap harinya agar anjing selalu dalam kondisi prima. Ada vitamin B kompleks, bagaimanapun anjing kalau dalam keadaan kurang fit, maka itu tidak bisa digunakan beroperasi. Misalkan terkena sedangdalam kondisi terserang flu sedikit saja, maka ketika itu digunakan dia akan gagal fokus dan itu sangat berpengaruh sekali.

Bagaimana dengan anjing Dalmas?

Sebenarnya anjing umum itu bisa digunakan untuk Dalmas, yang tugas utamanya adalah untuk pengendalian massa dan untuk menguraikan massa, kalau hanya untuk menakut-nakuti massa itu masih bisa karena unsurnya manusia. Kalau anjing Handak dan anjing narkotik itu tidak boleh digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang unsurnya seperti itu. Jadi dalmas kita gunakan anjing tangkal umum yang biasa dignakan untuk pengendalian massa.

Berapa angaran untuk konsumsi anjing Polisi dalam sehari?

Cukup lumayan, untuk anjing Fox saja dalam sehari sekitar Rp. 50 ribu Rp. 70 ribu. Tidakhanya itu, untuk kesehatan juga sangat diperhatikan. Kalau untuk urusan kesehatan, kami satu bulan sekali mendatangkan dokter hewan guna memberkan vaksin agar anjing selalu berstamina dan semangat.

Apa saja prestasi yang sudah ditorehkan oleh anjing milik unit K-9?

Pelacakan perdana yang dilakukan Fox dan Zeewa terjadi pada Juli 2017, tepatnya di perbatasan Kecamatan Sukun dan Kecamatan Wagir. Disana ada laporan pencurian maka kita gunakan anjing Fox, kemudian dilakukan kloning bau dugaan pelaku, Fox langsung keluar dan menyisir sekitar dan berhasil menemukan orang yang diduga pelaku pencurian dengan jarak 300 meter dari lokasi pencurian.

Tidak hanya itu, sekitar 4 bulan lalu, kantor Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, juga dibobol maling. Maka disini kita gunakan anjing pelacak Fox dan Zeera yang bekerja, sempat berputar-putar lama. Keduanya akhirnya mengendus bau ke arah timur sejauh 2 kilometer dan berhasil menemukan pelaku.

Fox dan Zeera ini adalah dua anjing lacak umum juga pernah mendapatkan ujian beberapa waktu lalu. Keduanya melacak barang yang hilang di rumah percontohan di salah satu perumahan yang sedang dibangun di Kelurahan Buring kota Malang dengan jumlah pekerja sebanyak 800 orang.

Mulanya Fox diambilkan sampling bau dari lokasi barang yang hilang. Namun, anjing itu hanya berputar-putar di dalam rumah itu. Kemudian Polisi pun meminta para pekerja untuk mengakui siapa yang pernah masuk ke rumah contoh.

Setelah itu, Fox diambilkan sampling bau di pintu depan. Saat itu Fox langsung mengendus bau yang mengarah kepada seorang pekerja di rumah samping yang sedang digarap. Tidak hanya sekali, Fox mengulanginya lagi. Dan tetap, orang itu yang dituju.

(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: