Menristekdikti Siapkan Politeknik Negeri Madiun Cetak Ahli Perawatan MRT

Menristekdikti Mohamad Nasir saat uji coba transportasi publik MRT di Bundaran HI Jakarta, Minggu (16/3). (FOTO: BKKP Kemristekdikti/ADN)

Menristekdikti Mohamad Nasir saat uji coba transportasi publik MRT di Bundaran HI Jakarta, Minggu (16/3). (FOTO: BKKP Kemristekdikti/ADN)

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Politeknik Negeri Madiun (PNM) untuk mencetak sarjana terapan yang mampu merawat seluruh teknologi kereta MRT Jakarta.

Hal ini disampaikan Mohamad Nasir saat mengikuti uji coba Mass Rapid Transport (MRT) Jakarta, bersama jajarannya, Sabtu (16/3/2019). Masa uji coba publik akan berlangsung hingga 24 Maret 2019.

“Semua terkait bagaimana maintainance-nya kami didik (mahasiswa) di Madiun bersama PT INKA dan PT KAI. Di sana, ada Politeknik. Bagaimana untuk memelihara operasionalnya seperti apa, baik dari segi enginernya, maupun dari servisnya,” jelas Nasir.

Ia mengatakan, tahun 2018 sudah berjalan. Tahun 2019 ada permintaan sepuluh kelas dari dua kelas di 2018, permintaan dari PT INKA dan PT KAI.

“program yang diterapkan yakni satu tahun setengah di kelas, satu tahun setengah lagi di operasional. Hal itu dilakukan agar para mahasiswa mengetahui kondisi nyata di lapangan,” ungkapnya.

Nasir berharap, generasi muda Indonesia dapat merawat dan mengoptimalkan teknologi yang digunakan pada MRT Jakarta secara menyeluruh. Sebab, pemerintah sudah menerapkan program studi yang akan menurutsertakan profesional dari PT Industri Nasional Kereta Api (INKA), PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Mass Rapid Transport Jakarta (MRTJ).

“Supaya nanti sustainability atau kelangsungannya terjaga dengan baik. Jangan sampai kita punya, tapi tidak bisa memperbaiki. Mudah-mudahan SDM bisa terpenuhi dengan baik,” tambah Nasir.

Menristekdikti juga mengucapkan selamat kepada PT MRT Jakarta atas lancarnya uji coba publik dan berharap masyarakat mampu memanfaatkan MRT dengan optimal. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: