Mobil Esemka Belum Gabung di Asosiasi Pemegang Merek (APM)

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Nama Esemka Garuda masuk ke dalam produk mobil, yang siap dijual di Indonesia. diketahui, dari munculnya nama tersebut di daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor, di laman resmi Kementerian Dalam Negeri.

Artinya, mobil yang disebut-sebut sebagai karya anak bangsa ini secara legalitas sudah bisa dipasarkan secara resmi. Meski demikian, informasi soal produk Esemka masih terbatas, mulai dari spesifikasi, diler, sampai  layanan servisnya.

Bahkan, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, tidak memiliki informasi terkait mobil Esemka. Karena, merek tersebut belum bergabung dengan asosiasi pemegang merek mobil di Tanah Air.

“Bukan anggota Gaikindo. Kami enggak mengerti apa-apa tentang Esemka,” ujarnya di Jakarta, Rabu 15 Mei 2019.

Menurutnya, sebagai merek otomotif baru di Indonesia, Esemka bisa saja bergabung dengan wadah APM kendaraan bermotor. Meski demikian, belum ada pembicaraan dari pihak Esemka dengan Gaikindo.

Informasi soal Esemka yang akan meramaikan pasar otomotif roda empat, kata Nangoi, memang masih belum jelas. Termasuk, isu bahwa mobil-mobil Esemka hanyalah ganti logo dari merek China.

“Mereka ingin masuk ke Gaikindo, kami akan menyambut dengan tangan terbuka. Sejauh ini, saya belum mengerti dan mendengar secara jelas mengenai Esemka. Soal rebadge dan segala macam, saya enggak paham,” tuturnya. (Gs)

 

sunber : viva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: