Mobil Listrik Ternyata Tidak Ramah Lingkungan

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Keberadaan mobil listrik sebagai solusi pencegahan polusi udara dan ramah lingkungan ternyata tidak seluruhnya benar. Sebagaimana yang disampaikan Amnesty Internasional proses produksi baterai dan penambangan mineral sebagai komponen mobil listrik penuh dengan polusi dan bisnis yang tidak etis.

Produksi baterai untuk mobil listrik memproduksi karbon dalam jumlah besar. Sedangkan untuk produksi bahan baku mineral yang digunakan untuk memproduksi baterai lithium dipasok oleh area pertambangan yang sering dikaitkan dengan eksploitasi anak sebagai pekerja.

“Kendaraan listrik adalah kunci untuk mendorong industri otomotif beralih dari bahan bakar fosil. Namun, saat ini kendaraan listrik tidak se-etis seperti yang disampaikan oleh para penjualnya,” kata Amnesty International dalam pernyataan persnya yang dikutip Reuters.

Salah satu permintaan dari Amnesty Internasional adalah industri kendaraan listrik untuk mencari cara untuk memproduksi baterai dengan emisi rendah dan etis dalam 5 tahun. Para produsen juga didorong untuk mengungkapkan jejak karbon produksi baterai dan rantai pasok mineral-mineral bahan bakunya. (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: